Selasa, 17 April 2018 15:43

Demiz Cagub Terkaya Rp 36 Miliar, Syaikhu Cawagub Termiskin 2 Miliar

Reporter : Jumadi Kusuma
Wakil Ketua KPK, Basari Panjaitan.
Wakil Ketua KPK, Basari Panjaitan. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Deddy Mizwar merupakan calon gubernur Jawa Barat terkaya dengan total harta Rp 36 miliar disusul Sudrajat Rp 22 miliar, Ridwan Kamil Rp 13,3 miliar dan terakhir Hasanudin Rp 11,9 miliar. Sementara itu untuk Calon Wakil Gubernur Jabar diurutan pertama Anton Charliyan Rp 29 miliar, Dedi Mulyadi Rp 6,1 miliar, Uu Ruzhanul Ulum Rp 2,9 miliar, dan yang terkecil Ahmad Syaikhu Rp 2 miliar.

Demikian pernyataan Wakil Ketua KPK, Basari Panjaitan saat ditanya awak media selepas acara Pembekalan Anti Korupsi dan Deklarasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (lhkpn) pasangan calon kepala daerah se-Jawa Barat di Aula Barat Gedung Sate Jl. Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (17/4/18).

Baca Juga : Menuju Pilkada Jabar 2018 yang Damai

Lebih lanjut Basari menegaskan deklarasi harta kekayaan terkait dengan kejujuran calon kepala daerah. "Kejujuran itu berhubungan dengan integritas," ujarnya.

Tuntutan kepada paslon untuk jujur dan berintegritas, didasari kenyataan hingga saat ini tercatat 18 gubernur dan 75 bupati/wali kota atau wakilnya terjerat kasus korupsi.

Baca Juga : KPU Cimahi Sosialisasikan Pilgub dengan Longser

"Jadi, pemimpin terpilih di Jawa Barat jangan sampai masuk grup ini," sebutnya.

Ia juga mengingatkan, rata-rata biaya pilkada bupati/wali kota sekitar Rp 20-30 miliar, sedangkan kekayaan calon rata-rata Rp 7-9 miliar.

"Kesenjangan ini biasanya dimanfaatkan oknum dengan memungut 10-30% dari nilai proyek atau diijon dari SKPD," katanya sambil menegaskan KPK akan mengawal peserta dan penyelenggara pemilu, agar tidak terjadi conflict of interest.

Baca Lainnya