Selasa, 26 Maret 2019 17:56

Demi Pemilu 2019, Pemkab Bandung Barat Rela Kucurkan Rp 12,5 Miliar

Reporter : Fery Bangkit 
ilustrasi.
ilustrasi. [net]

Limawaktu.id - Pemkab Bandung Barat menggelontorkan Rp 12,5 miliar untuk Kegiatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Dengan anggaran sebesar itu, angka partisipasi mencapai 80 persen lebih. 

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Bandung Barat (KBB) Hendra Trismayadi mengatakan, berdasarkan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, pemerintah daerah ikut bertanggung jawab dalam peningkatan partisipasi masyarakat. Upaya peningkatan penggunaan hak pilih masyarakat, kata dia, di antaranya dengan menggelar sosialisasi

Baca Juga : Menonjol Konflik, DPD RI Dinilai Kurang Berfungsi 

"Di Bandung Barat mudah-mudahan partisipasi masyarakat untuk Pileg dan Pilpres meningkat. Pada 17 April mendatang kan, sudah tidak terasa. Mudah-mudahan ya 80 persen untuk Pileg dan Pilpres ini, partisipasi masyarakatnya," kata Hendra, di Ngamprah, Selasa (26/3/2019).

Adapun dana hibah yang disalurkan Pemkab Bandung Barat untuk Pemilu 2019 senilai Rp 12,5 miliar, yang terdiri atas Rp 7,5 miliar untuk KPU KBB, Rp 3,5 miliar untuk Bawaslu KBB dan Rp 1,5 miliar untuk Kodim.

Baca Juga : Masih Kurang, KPU KBB Targetkan Logistik Pemilu 2019 Terdistribusikan Awal April  

Lebih jauh sosialisasi, kali ini digelar bagi perangkat desa dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam). Forkopimcam itu terdiri atas camat, kapolsek, dan danramil dari 16 kecamatan di KBB.

"Sosialisasi ini sebagai dukungan pemerintah daerah, ini untuk menyukseskan Pemilu 2019 dalam meningkatkan koordinasi, fasilitasi, maupun binaan terhadap seluruh komponen pelaksana, sesuai dengan amanat UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu," jelasnya.

Baca Lainnya