Senin, 9 Oktober 2017 18:55

Data Tidak Sesuai, KPU Kota Cimahi Kembalikan Berkas Salinan Keanggotaan Partai Perindo

Ditulis Oleh Fery Bangkit 
Penyerahan berkas salinan keanggotaan Partai Perindo oleh KPU Kota Cimahi, di Sekertariat KPU Kota Cimahi, Jl. Pasantren, Cimahi, Senin (9/10/2017)
Penyerahan berkas salinan keanggotaan Partai Perindo oleh KPU Kota Cimahi, di Sekertariat KPU Kota Cimahi, Jl. Pasantren, Cimahi, Senin (9/10/2017) [Foto: Fey]

Limawaktu.id, - Salinan bukti keanggotaan DPD Partai Perindo Kota Cimahi terpaksa dikembalikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi pada Senin (9/10/2017). Alasannya, jumlah salinan KTA dan KTP yang diserahkan berbeda dengan jumlah yang terdaftar dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sippol) KPU RI. 

Rencananya, DPD Partai Perindo Kota Cimahi akan menyerahkan 2030 salinan bukti keanggotaan partai. Setelah dilakukan pengitungan, daftar nama keangotaannya sudah sesuai dengan Sippol. Namun, untuk berkas KTA dan KTP-nya berbeda dengan yang terdaftar dalam Sippol. “Jumlah nama sama dengan di dalam Sippol 2030. Cuma KTA dan KTP-nya ada 2054, ada kelebihan 24. Jadi tak sesuai dengan Sippol,” terang Komisioner KPU Kota Cimahi, Sri Suasti saat ditemui di Sekretariat KPU Kota Cimahi, Jalan Pesantren, Senin (9/10/2017).

Untuk itu, ujar Sri, DPD Partai Perindo harus segera memperbaiki kesalahan, dan menyerahkannya kembali ke KPU Kota Cimahi hingga batas waktu penyerahan pada 16 Oktober pukul 00.00 WIB. “Kalau sudah resmi diserahkan, kami akan berikan surat tanda terima,” katanya.

Atas perbedaan data tersebut, Sri meminta semua partai di Kota Cimahi dengan pimpinan pusatnya memiliki kerja sama yang baik. “Harus ada kerja sama yang baik antara DPC dengan DPP, Supaya KTA dan KTP sama dengan yang di Sippol,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPD Perindo Kota Cimahi, Asep Taryana membenarkan adanya kelebihan data KTA dan KTP. Menurutnya, hal tersebut dikarenakan ada beberapa bukti keanggotaan yang lebih. “Masalah hard copy KTP dan KTA ada penggandaan, kayanya ada yang double, jadi lebih 24. Tapi bisa saja karena kesalahan hitungan,” ujar Asep.

Ia memastikan, DPD Partai Perindo Kota Cimahi akan menyerahkan kembali salinan berkas keanggotaan partainya besok, Selasa (10/9/2017). Dikatakannya, sejak Partai Perindo Kota Cimahi, dideklarasikan tiga tahun lalu, partainya langsung memperiapkan segala kebutuhan partai, seperti struktur kepengurusan.

Hingga kini, klaim Asep, keanggotaan partai berlogo Rajawali tersebut sudah mencapai 15 ribu orang. “Kalau Perindo allhamduliah kebanyakan kesadaran daftar mandiri. Bisa dicek, yang sudah terakomodir. sekitar 10 ribu. Hitung-hitungan sudah ada 15 ribu,” bebernya. (kit)*