Sabtu, 31 Maret 2018 16:37

Dampak Kehadiran SBY-Prabowo Bagi Paslon Akur dan Kado Hingga Alarm Bagi Emas di Pilbup KBB 2018

Reporter : Fery Bangkit 
Pilkada Bandung Barat 2018.
Pilkada Bandung Barat 2018. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Kedatangan dua pucuk pimpinan partai ke Bandung Barat menjadi berkah tersendiri bagi para paslon yang bertarung pada pilbup Bandung Barat 2018.

Sabtu (24/3/2018), Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) datang langsung ke Kabupaten Bandung Barat, untuk mengkampanyekan paslon Bupati/Wakil Bupati Aa-Umbara-Hengky Kurniawan (akur).

Baca Juga : Respon Positif Warga Bikin Paslon Emas Optimis Menang Pilbup KBB 2018

Jum'at (30/3/2018), giliran Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang menyambangi Bandung Barat. Prabowo secara terang-terangan meminta para kader untuk memenangkan paslon Doddy Imron Cholid-Pupu Sari Rohayati (kado) yang diusung Partai Gerindra.

Menurut Direktur Eksekutif Ekspolrasi Dinamika dan Analisa Sosial (EDAS) Bandung, Wawan Gunawan, kedatangan dua elit partai itu dipastikan akan berpengaruh terhadap paslon yang diusungnya.

Baca Juga : Target 77% Partisipasi Pemilih, KPU KBB Gandeng Komunitas Hingga Berharap Bantuan Pemkab

"Kalau ditanya dampak, tentu akan ada dampaknya besat atau kecil," katanya melalui pesan singkat, Sabtu (31/3/2018).

Dikatakan Wawan, kedatangan SBY untuk paslon Akur dan Prabowo bagi paslon Kado tentunya menjadi alarm bagi paslon Elin Suharliah-Maman S Sunjaya (emas) untuk lebih merapatkan barisan.

Baca Juga : Target Partisipasi Pemilih 77%, Emas Ajak Generasi Milenial Jauhi Golput

Paslon Emas sendiri diusung PDIP, PKB dan PPP serta dua partai pendukung yakni Partai Perindo dan Partai Berkarya. Hingga kini, belum ada pucuk pimpinan dari lima partai itu yang singgah ke Bandung Barat.

"Ada bagusnya elit parpol datang ke KBB, sebab dengan begitu semua paslon jadi semakin merapatkan barisan," ujar Wawan.

Baca Juga : Minim Sosialisasi, Warga Sebut Abubakar Nyalon Lagi Pilbup Bandung Barat

Namun secara keseluruhan, lanjut Wawan, kedatangan SBY dan Prabowo itu mengindikasikan bukti keseriusannya untuk memenangkan paslon yang diusung.

"Artinya Pilkada KBb oleh kedua tokoh tersebut dianggap strategis," ucapnya.

Meski begitu, katanya, bukan hanya Bandung Barat saja yang menjadi tujuan SBY dan Prabowo, tapi seluruh Jawa Barat. Pasalnya, Jawa Barat merupakan penyumbang suara terbanyak.

"Jadi lumbung suara yang besar bagi Pilpres 2019," tandasnya.

Baca Lainnya