Selasa, 9 Januari 2018 22:03

Daftar Lewat Jalur Independen di Pilkada KBB, Pasangan Ini Diminta Lengkapi Berkas Dukungan

Ditulis Oleh Fery Bangkit 
Penyerahan berkas pendaftaran dari pasangan Ikeu-Uben ke KPU KBB.
Penyerahan berkas pendaftaran dari pasangan Ikeu-Uben ke KPU KBB. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati dari jalur independen Ikeu Dewi Sartika-Uben Yunara Darsa resmi mendaftar sebagai peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bandung Barat 2018.

Ikeu-Uben tiba di Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat Jalan Raya Purwakarta sekitar pukul 14.30 WIB. Keduanya diantar sekitar 50 pendukungnya, dengan bermodalkan 80 ribu bukti dukungan dari warga Bandung Barat.

Setelah dilakukan pemeriksaan persyaratan oleh anggota KPU, ternyata ada sejumlah persyaratan yang tidak lengkap. Di antaranya resi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), surat keterangan dari Pengadilan Tata Niaga serta persyaratan lainnya.

Selain itu, keduanya diminta untuk menyerahkan berkas dukungan dua kali lipat dari dukungan atau sekitar 116 ribu dukungan yang dibuktikan dengan KTP-el. Sesuai tahapan, bukti tersebut harus diserahkan maksimal tanggal 20 Januari 2018.

“Syarat paling wajib harus memenuhi jumlah kekeurangan,” tegas Ketua KPU KBB, Iing Nurdin saat ditemui usai menerima pendaftaran, Selasa (9/1/2018).

Kemudian, terpenuhi atau tidaknya persyaratan nantinya akan diplenokan saat penetapan dari bakal calon menjadi bakal calon Bupati dan Wakil Bupati.

Di tempat sama, Uben mengaku optimis kekurangan-kekurangan dalam pendaftaran kali ini bisa dipenuhi saat perbaikan nanti.

“Optimis, kita siap,” ucapnya. (kit)*