Jumat, 19 Januari 2018 20:31

Citarum, Isu Lingkungan Kandidat Pilgub Jabar 2018

Ditulis Oleh Jumadi Kusuma
Kondisi pencemaran limbah di Sungai Citarum.
Kondisi pencemaran limbah di Sungai Citarum. [Net]

Limawaktu.id - Citarum mendapat predikat sebagai sungai terkotor di dunia, konon kata Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar yang juga Calon Gubernur Jabar Duo DM, sekarang tidak lagi berkat program Eco-Village yang sudah berjalan cukup baik. Dari sungai terkotor berubah menjadi sungai terhitam di dunia karena masih banyak perusahaan yang membuang limbah ke sungai Citarum.

Terkait tudingan Demiz terhadap banyaknya perusahaan yang masih membuang limbah ke sungai Citarum, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Jabar Dedy Widjadja enggan berkomentar saat diklarifikasi oleh limawaktu.id, Jumat (19/1/18).

Sementara itu Calon Wakil Gubernur Jabar Irjen Pol (Purn) H. Anton Charliyan dalam kesempatan menerima masukan terkait isu lingkungan dikediaman H. Eka Santosa di Cimenyan Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu menegaskan komitmennya untuk mengatasi masalah lingkungan terutama masalah pencemaran Sungai Citarum.

"Isu lingkungan menjadi perhatian utama kami, bahkan ketika direkomendasi langsung dari ketua umum partai (Megawati Soekarnoputri, red.) menitipkan masalah lingkungan, salah satu yang harus digarap adalah Citarum. Setelah mendapat amanat sebagai petugas partai dan petunjuk dari Pak Ihin (Solichin GP, red.) yang sudah menyiapkan elemen-elemennya bersama seluruh masyarakat Jabar dalam rangka gerakan lingkungan, kita bersihkan dan sehatkan Citarum sebelum yang lainnnya. Kerjasama dengan TNI dan Polri serta seluruh elemen masyarakat pecinta lingkungan sebagai pilot project", tutur Anton.