Minggu, 24 September 2017 20:00

Calon Bupati Harus Paham Sejarah dan karakter masyarakat

Reporter : Jumadi Kusuma
Abah Mashum Sunarya,  sesepuh dan mantan aktivis Pemuda Persis (Persatuan Islam)  Padalarang
Abah Mashum Sunarya, sesepuh dan mantan aktivis Pemuda Persis (Persatuan Islam) Padalarang [limawaktu dok]

Limawaktu.id,- Calon Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB) harus menyayangi rakyatnya dan tidak membiarkan ujaran kebencian antar ummat beragama karena kita semua sama keturunan Nabi Adam.

Hal itu disampaikan abah Mashum Sunarya , sesepuh dan mantan aktivis Pemuda Persis (Persatuan Islam) Padalarang Kabupaten Bandung Barat yang ditemui dikediamanya di Desa Padalarang, Minggu (24/9).

Menurut dia, bupati harus memahami sejarah dan karakter masyarakat KBB. Bisa memposisikan diri sebagai 'Bapa' bagi masyarakat dan tidak membuat jarak dengan rakyat serta mampu memelihara kerukunan dan persaudaraan, tidak mendukung siapapun yang memecah belah ummat Islam.

Selama kepemimpinan Bupati Abubakar dua periode memang belum pernah terjadi peristiwa percecokan antar umat beragama, akan tetapi potensi tersebut harus diwaspai mengingat semakin derasnya informasi yang mempengaruhi masyarakat.

“Pemerintah harus mampu melakukan pembinaan masyarakat terkait kerukunan antar umat beragama dengan memberdayakan tokoh agama dan ulama yang luas ilmunya,” katanya. (jk)

Baca Lainnya