Kamis, 18 Januari 2018 21:31

Beredar Foto Didukung ASN, Balon di Pilbup KBB Ini Malah Bilang Begini

Reporter : Fery Bangkit 
Ilustrasi netralitas ASN.
Ilustrasi netralitas ASN. [Net]

Limawaktu.id,– Keterlibatan Aparatur Sipil Negara (asn) dalam politik praktis jelas diharamkan oleh aturan.

Aturan tertera jelas dalam Peraturan Pemerintah No 42/2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik PNS disebutkan, PNS dilarang melakukan perbuatan yang mengarah pada keberpihakan salah satu calon atau perbuatan yang mengindikasikan terlibat dalam politik praktis.

Bahkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) pada 27 Desember telah membuat surat peringatan kepada seluruh ASN agar tidak terseret-seret dalam Pilkada 2018.

Belakangan ini, di Bandung Barat beredar foto dukungan ASN lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat pada pasangan bakal calon Doddy Imron Cholid-Pupu Sari Rohayati. Namun, Doddy menilai hal tersebut sebagai bentuk apresiasi relawan dan simpatisan pada program yang digulirkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati

Doddy Imron Cholid yang juga menjabat Ketua DPD Golkar Bandung Barat menampik jika sosialisasi yang dilakukan menyasar ASN aktif, dirinya selalu mewanti relawan untuk berhati-hati melangkah dengan tidak melanggar aturan yang berlaku.

"Berbagai kalangan masyarakat mungkin menilai program yang kami sodorkan mewakili harapan mereka, program kami secara general untuk kesejahteraan masyarakat,"ujar Doddy saat menghadiri Musyawarah partai di Pakuhaji, Ngamprah, Kamis(18/1/2018).

Menurut staf ahli menteri Agraria ini, tak bisa dipungkiri sejak dirinya bersama dokter Pupu memperkenalkan diri pada masyarakat sebagai paslon, dukungan terus mengalir dari berbagai elemen masyarakat dan profesi. Banyak akhirnya masyarakat yang merasa bahwa program Doddy-Pupu sejalan dengan harapan mereka.

"Saya kira bukan hanya guru honorer, dukungan mengalir dari berbagai profesi. Di setiap kesempatan saya selalu mensosialisasikan program jika kami terpilih dan itu bukan angin surga, setiap program bisa nyata terealisasi,"ujar dia.

Sebelumnya beredar foto sejumlah warga mengenakan seragam ASN Kabupaten Bandung Barat memegang kalender sosialisasi pasangan Doddy-Pupu, foto ini disoal lantaran dukungan ASN dalam pilkada telah melanggar kode etik ASN tentang netralitas dalam pilkada.

Diduga warga berseragam ASN dengan pose memegang kalender Doddy ini merupakan tenaga honorer pada dinas pendidikan Kabupaten Bandung Barat.

Anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Bandung Barat, Asep Nurfalah menerangkan, sejauh ini panwaslu belum menerima laporan atau aduan masyarakat maupun pasangan calon terkait adanya pelanggaran netralitas ASN.

"Belum ada laporan, jika memang ditemukan pelanggaran silahkan melapor kepada kami. Jika laporan itu memenuhi persyaratan bisa saja ditindaklanjuti,"tandasnya.

Baca Juga : Panwaslu KBB Ajak Masyarakat Pro Aktif Pantau Pilkada KBB 2018

Baca Lainnya