Rabu, 29 November 2017 16:17

Belum Ada Satupun Bapaslon Perseorangan KBB yang Memenuhi Syarat

Reporter : Jumadi Kusuma
?Adie Saputro, Komisioner KPU KBB Divisi Logistik.
?Adie Saputro, Komisioner KPU KBB Divisi Logistik. [limawaktu]

Limawaktu.id, - Dari tiga Bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat yang mendaftar di KPU KBB, belum satupun memenuhi syarat minimal dukungan yaitu sejumlah 76.409 yang tersebar disembilan Kecamatan. Demikian pernyataan Komisioner KPU KBB Divisi Logistik, Adie Saputro kepada Limawaktu.id saat ditemui di Kantor KPU KBB, Padalarang, Selasa (28/11/2017).

Sesuai dengan ketentuan bahwa tanggal 25 - 29 November 2017 adalah masa penyerahan syarat dukungan minimal buat bapaslon perseorangan, "Sampai saat ini secara real belum ada yang memberikan penyerahan syarat dukungan. Adapun yang sudah datang itu sudah ada tiga bapaslon, yaitu H. Zaenal Abidin dan Asep Ridwan, Hj. Ikke Dewi Sartika dan Uban Yunara Dada Priatna, serta Muhamad Raup dan Wawan Saefullatif. Ketiganya tidak membawa syarat dukungan yang sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yaitu syarat minimal dukungan sejumlah 76.409 yang tersebar disembilan kecamatan, karena tidak membawa jadi belum bisa kita terima, dikembalikan lagi untuk dilengkapi sesuai ketentuan".

Ketiga Bapaslon yang datang akhirnya hanya konsultasi saja, "Nanti ada mekanisme untuk perhitungan dari PPK dan disaksikan oleh panwaslu, kalau seandainya setelah dihitung jumlah dukungan sudah mencapai dukungan minimal maka akan diterima dan diberikan tanda terima dan berita acara, yang kedepannya akan ada proses penelitian dan verifikasi administrasi dan faktual. Jika masih belum memenuhi syarat minimal berkas akan dikembalikan lagi ke bapaslon, nanti kita tunggu lagi sampai akhir masa penyerahan", jelas Adie.

Lebih lanjut Adie menjelaskan, "Kalau sudah masuk jumlah minimal dukungan dan sudah diteliti secara administrasi, hasilnya berapa kekurangannya bisa ditambahkan pada waktu pendaftaran tanggal 8 - 10 Januari 2018", pungkasnya. (jk)*

Rustan Abubakar Al Iskandari
Rustan Abubakar Al Iskandari

Haddduuuh

29 November 2017 11:59 Balas