Selasa, 13 Maret 2018 15:20

Bawaslu: Debat Publik Pertama Pilgub Jabar 2018 Luarbiasa Sukses

Reporter : Jumadi Kusuma
Debat Publik Pertama Pilgub Jabar 2018 yang diselenggarakan KPU Jabar Senin malam (12/3/18) di Gedung Sabuga Kota Bandung.
Debat Publik Pertama Pilgub Jabar 2018 yang diselenggarakan KPU Jabar Senin malam (12/3/18) di Gedung Sabuga Kota Bandung. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Debat Publik Pertama Pilgub Jabar 2018 yang diselenggarakan KPU Jabar Senin malam (12/3/18) di Gedung Sabuga Kota Bandung, mendapat apresiasi dari Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat, Harminus Koto.

Menurutnya acara debat sangat luar biasa dan dapat dikatakan sukses adanya.

"Konten dan subtansinya cukup baik, karena dirancang oleh 18 Guru Besar dari Perguruan Tinggi di Jabar. Para pendukung dari keempat paslon satu sama lain saling menghargai bahkan antar calon juga saling menghargai dan harmonis. Hal ini sangat baik sebagai contoh demokrasi di Indonesia", tuturnya.

Dalam debat yang dipandu oleh moderator Rosiana Silalahi tersebut dikembangkan bagaimana pemilih satu sama lain saling menghargai dan menjadi pemilih yang cerdas setelah mendengar paparan visi-misi dan program yang diusung oleh masing-masing Paslon.

"Bawaslu berharap, setelah masyarakat mendengar dan menyaksikan paparan dari masing-masing paslon, maka angka partisipasi masyarakat dapat meningkat", harap Herminus.

Selain itu menurutnya Pilkada Jabar berbeda dengan provinsi atau daerah lain, karena Jabar memeiliki budaya yang tinggi, masyarakatnya welcome, antar pendukung tidak ada saling ledek, bahkan di Gedung antar pendukung cukup mencair.

"Kita optimis, Pilkada Serentak 2018 di Jabar akan berjalan damai, tentram, kondusif dan semoga hasilnya maksimal. Sehingga melahirkan pemimpin daerah yang benar-benar sesuai harapan masyarakat demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat yang dipimpinnya", pungkasnya.