Kamis, 18 April 2019 19:23

Bawaslu Cimahi Belum Terima laporan Pelanggaran Pemilu 2019

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id - Pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden di Kota Cimahi berjalan dengan lancar. Buktinya hingga sehari pelaksanaan perhitungan suara, belum ada peserta pemilu yang melaporkan adanya dugaan kecurangan dalam pelaksanaannya.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Kota Cimahi Jusapuandy, disela pengamanan logistik Pemilu di Gedung Serbaguna Harjuno, Kelurahan Citeuruep Kecamatan Cimahi Utara, Kamis (18/4).

Baca Juga : Kekurangan Surat Suara, Ketua KPU Kota Cimahi:Rencana Kacau Semua!

Menurut dia, hingga jelang pelaksanaan perhitungan jumlah suara yang akan digelar Jum’at besok, pihaknya belum menerima laporan tentang dugaan kecurangan pelaksanaan Pemilu serentak ini.

“Belum ada laporan adanya dugaan kecurangan yang masuk,” katanya.

Baca Juga : KPU Cimahi Dianggap 'Mentah' Selenggarakan Pemilu

Dikatakan dia, dalam pelaksanaan pemungutan suara 17 April 209, secara umum berjalan dengan lancer, catatan dari pengawas Pemilu kemarin, hanya soal kekurangan surat suara saja, namun hal itu bisa diantisipasi oleh petugas KPPS yang ada.

Sementara Wakil Wali kota Cimahi Ngatiyana mengungkapkan, partispasi pemilih di Pemilu serentak tahun ini berada pada kisaran 87,6 %, angka ini mengalami kenaikan dari Pemilu 2014 yang hanya 72 persen lebih. Kenaikan angka partisipasi pemilih tersebut menandakan adanya kesadaran masyarakat Kota Cimahi untuk menggunakan hak pilihnya di pemilu 2019.  

Baca Juga : Hak Suara Pemilu Pasein RSUD Cibabat 'Hilang', KPU Cimahi 'Ngeles' Begini

“Kami harapkan saat perhitungan suara di tingkat kecamatan bisa dilakukan dengan hati-hati,” ungkapnya.

Dia meminta saat perhitungan suara, tak ada yang keluar masuk arena perhitungan. Yang diperbolehkan hanya para petugas saja.

“Angka partisipasi pemilih kita naik, ini menunjukan kesadaran masyarakat Cimahi sangat tinggi dalam menggunakan hak pilihnya di Pemilu serentak 2019,” pungkas dia.

Baca Lainnya