Senin, 20 Mei 2019 11:58

Baliho Kemenangan Prabowo-Sandi Ditertibkan Satpol PP, ini Sebabnya!

Reporter : Fery Bangkit 
Satpol PP Kota Cimahi menertibkan baliho klaim kemenangan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno yang terpasang
Satpol PP Kota Cimahi menertibkan baliho klaim kemenangan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno yang terpasang [ferybangkit]

Limawaktu.id - Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi menertibkan baliho klaim kemenangan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno yang terpasang di beberapa titik di Kota Cimahi.

Selain melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kota Cimahi tentang ketertiban Umum dan juga Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan (K3), pemasangan baliho itu juga dilarang oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) karena belum waktunya.

Baliho Bertuliskan Kemenangan Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Pada Pemilihan Presiden (Pilpres) Terpasang Di Kota Cimahi.

Baca Juga : Ramai 'People Power', ini Seruan Wali Kota Cimahi

Pelarangan itu tertera dalam Surat Edaran Bawaslu RI Nomor S-0904/K.Bawaslu/PM.00.00/4/ 2019 perihal Ketentuan Penetapan dan Deklarasi Hasil Pemilu. Salah satu poinnya menyebutkan bahwa peserta Pemilu tidak melakukan pemasangan alat peraga yang mengundang materi kemenangan sebelum ditetapkan hasil Pemilu sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

"Ada ketentuan, seperti edaran Bawaslu bahwa sebelum pemenangan, dilarang mendeklarasikan," tegas Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketertiban Masyarakat Satpol PP Kota Cimahi, Titi Ratna Kemala saat ditemui disela-sela penertiban, Senin (20/5/2019).

Satpol PP Kota Cimahi menertibkan baliho klaim kemenangan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno yang terpasang

Baca Juga : Partisipasi Pemilu di Cimahi Meningkat, Bagaimana di Bandung Barat?

Lokasi pertama yang menjadi tujuan penertiban adalah baliho di Jalan Daeng Ardiwinata, tepatnya di seberang Sekretariat DPC Partai Gerindra Kota Cimahi. Baliho itu terpasang pada trotoar dan mengganggu ketertiban umum dan K3.

Setelah selesai menertibkan baliho ucapan kemenangan Prabowo-Sandi di lokasi pertama, personel Satpol PP yang didampingi Bawaslu Kota Cimahi dan personel Polres Cimahi langsung menuju lokasi berikutnya di Jalan Encep Kartawiria serta di RW 15 Kelurahan Cipageran.

Satpol PP Kota Cimahi menertibkan baliho klaim kemenangan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno yang terpasang

"Dari sisi Satpol, itu mengganggu ketertiban umum karena terpasang pada trotoar dan saluran air," tandas Titi.

Baca Lainnya