Selasa, 20 Februari 2018 17:07

APK Paslon Pilkada KBB Dilarang Dipasang Dipohon!

Reporter : Fery Bangkit 
3 Paslon Pilkada KBB 2018.
3 Paslon Pilkada KBB 2018. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menegaskan, pohon dan tiang listrik dilarang dijadikan tempat pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) semua pasangan calon (paslon) Bupati/Wakil Bupati KBB 2018.

Pasalnya, pemasangan alat propaganda politik di pohon dan tiang listrik melanggar Peraturan Daerah (Perda) KBB Nomor 12 Tahun 2013 tentang Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan (K3).

Terlebih lagi, pemasangan APK ketiga paslon di Pilkada KBB sudah diatur dalam PKPU No 4/2017 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati dan atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

"Satpol PP mengeluarkan edaran tempat mana saja yang tidak diperbolehkan untuk dipasang APK. Intinya, sekolah, bangunan keagamaan, gedung milik pemerintah, desa, kecamatan, pohon, tiang listrik (dilarang dipasang APK)," tegas Adie Saputro, Koordinator Divisi Teknis KPU KBB, Selasa (20/2/108).

KPU KBB juga telah menetapkan lokasi mana saja yang akan dipasang APK Pilkada KBB 2018. APK para paslon akan dipasang di 16 kecamatan di Bandung Barat.

Sementara itu, Kepala Satpol PP KBB Rini Sartika, pihaknya sudah menyerahkan aturan ke KPU tentang larangan pemasangan APK di sejumlah akses. "Perdanya ada sudah kita sampaikan ke KPU. Jadi KPU memadukan aturan Perda dengan PKPU," katanya.

Pilkada KBB, akan bertebaran APK tiga paslon. Yakni paslon nomor urut satu, Elin Suharliah-Maman S Sunjaya. Paslon nomor urut dua Doddy Imron Cholid-Pupu Sari Rohayati dan paslon nomor urut tiga Aa Umbara-Hengky Kurniawan.