Kamis, 19 Oktober 2017 13:16

Anggota Panwas Boleh Jabat Lebih dari Dua kali

Reporter : Jumadi Kusuma
Cecep Rahmat Nugraha, Ketua Panwaslu Kabupaten Bandung Barat.
Cecep Rahmat Nugraha, Ketua Panwaslu Kabupaten Bandung Barat. [limawaktu]

Limawaktu.id, - Sebanyak 239 orang mendaftar sebagai calon anggota Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), setelah melalui proses seleksi administrasi lolos 181 orang, kemudian disaring lagi melalui test tertulis lolos 99 orang, akhirnya hanya 48 orang yang akan mengisi jabatan sebagai panwascam di 16 kecamatan se-Kabupaten Bandung Barat. Minggu depan sudah ada ketetapan yang menjadi Panwascam, demikian disampaikan Ketua Panwaslu KBB, Cecep Rahmat Nugraha.

Cecep yang ditemui disela-sela kegiatan Test Wawancara Calon Anggota Panitia Pengawas Kecamatan se-Kabupaten Bandung Barat di Hotel Panorama, Lembang, belum lama ini, mengatakan bahwa, "Siapapun masyarakat umum boleh berpartisipasi menjadi panwascam asalkan tidak terlibat dalam partai politik, harus bersedia meninggalkan jabatan dalam organisasi atau tidak boleh merangkap jabatan karena panwascam itu kerja penuh waktu, tidak mengenal kalender merah semua hitam," jelasnya.

Berbeda dengan persyaratan menjadi anggota PPK dan PPS di Komisi Pemilihan Umum yang melarang mereka yang sudah pernah menjadi anggota sebanyak dua kali pada tingkatan yang sama tidak lagi diperbolehkan mendaftar, "Di Panwaslu boleh menjadi anggota walapun pernah menjabat dua kali, karena belum muncul Peraturan Bawaslu," pungkasnya. (jk)*