Minggu, 21 Maret 2021 15:37

Agung Budi Santoso Ajak Masyarakat Merawat Pancasila

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Anggota MPR Agung Budi Santoso mengajak masyarakat Indonesia mensyukuri dan merawat Negara Kebangsaan yang majemuk berdasarkan Pancasila karena merupakan salah satu takdir Tuhan Yang Maha Kuasa bagi bangsa Indonesia. Hal itu disampaikannya, saat Sosiliasasi Empat Pilar  Berbangsa dan Bernegara yang digelar di Sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Cimahi, pada Minggu (21/3/2021).

 Menurutnya, keberadaan bangsa Indonesia yang majemuk diikat oleh ideologi Pancasila sebagai pemersatu bangsa Indonesiajuga merupakan salah satu takdir Allah SWT bagi bangsa Indonesia. Karena itulah jangan ada lagi yang mengingkari takdir Tuhan.

“Saat mengawali kegiatan sosialisasi saya bertanya kepada para peserta apakah ada yang tidak tahu Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI ?, semuanya menjawab mereka tahu, tetapi permasalahannya kenapa masih ada gesekan-gesakan diantara kita,” ungkapnya.

Dengan kondisi seperti itu menandakan masih adanya yang  belum paham tentang arti Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara. Karenanya,MPR RI terus melakukan sosialisasi Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara ini agar masyarakat lebih paham.  

Dia mencontohkan, saat ada Pemilu gara-gara berbeda pilihan terjadi gesekan diantara anak bangsa, padahal proses Pemilu itu jika sudah selesai semua anak bangsa untuk kembali bersatu.

“Jika masih terjadi gesekan setelah Pemilu misalnya berarti belum memahami tentang demokrasi, tentang makna Pancasila, ” jelasnya.

Dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara empat pilar tersebut harus terus dilaksanakan ditengah masyarakat, karena negara Indonesia terlahir atas takdir Tuhan berkat Rahhmat Tuhan yang Mahakuasa dengan kekayaan yang ada didalammnya,  dari Sabang sampai Merauke.

“Kita ditakdirkan Tuhan sebagai bangsa Indonesia dengan kemajemukan,  dengan perbedaan suku bangsa, bahasa, maupun  agama,  tetapi semuanya menjadi satu dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika ataupun NKRI, hal ini harus selalu kita jaga,” pungkasnya.

 

 

 

 

Baca Lainnya

Topik Populer