Jumat, 22 Maret 2019 16:45

Ada 7 Ribu Lebih TPS, Pemilu 2019 di Cimahi-KBB Dikawal 1.230 Personel Gabungan

Reporter : Fery Bangkit 
Pasukan Operasi Mantap Brata (OMB) Pemilu di Mapolres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Jumat (22/3/2019).
Pasukan Operasi Mantap Brata (OMB) Pemilu di Mapolres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Jumat (22/3/2019). [ferybangkit]

Limawaktu.id - Sebanyak 1.230 personel gabungan dari Polres Cimahi, Anggota TNI akan diturunkan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Sebagai kesiapan menghadapi Pemilu serentak itu, para personel gabungan gelar Pasukan Operasi Mantap Brata (OMB) Pemilu di Mapolres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Jumat (22/3/2019).

Baca Juga : Bertemu Jokowi, FKUB Soroti Berita Hoaks

Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanagara mengatakan, pengamanan tersebut sebagai bentuk antisipasi kerawanan dan untuk memastikan situasi kondusif jelang pelaksanaan Pemilu Serentak 17 April 2019 mendatang.

"TNI-Polri didukung pemerintah dan masyarakat siap amankan Pemilu Serentak. Jumlah personel gabungan yang terlibat dalam pengamanan pemilu nanti mencapai 1.230 orang," katanya.

Baca Juga : APK Bergambar Ajay Langgar Etika dan Estetika

Ribuan anggota tersebut, kata Rusdy, telah disiapkan mulai dari tahapan pra-pemilu, pendekatan seluruh stakeholder, koordinasi antarlembaga hingga melakukan berbagai latihan pengamanan.

"Antisipasi preemtif dan preventif juga dilakukan dengan menggelar Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KKYD)," katanya.

Baca Juga : Puluhan Ribu Surat Suara Pemilu 2019 KBB Luntur dan Sobek 

Upaya preemtif dan preventif itu, lanjutnya akan terus ditingkatkan untuk cipta kondisi jelang pemilu karena kerawanan saat pemilu nanti tetap harus diantisipasi.

Rusdy mengatakan, pengamanan dilakukan terhadap 7.078 TPS di wilayah hukum Polres Cimahi. Selain itu pengamanan juga akan dilakukan di gedung pemerintah, objek vital, gudang logistik, KPU dan Bawaslu.

"Gangguan kamtibmas juga rutin dipantau, terutama wilayah Cimahi, Lembang, dan Parongpong dan kejahatan jalanan terus kami tekan juga untuk memastikan situasi selama Pemilu aman kondusif," kata Rusdy.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer