Jumat, 18 Mei 2018 17:47

75 Ribu Pemilih Sweet Seventeen di KBB Pakai Suket Saat Pencoblosan

Reporter : Fery Bangkit 
Pilkada Bandung Barat 2018.
Pilkada Bandung Barat 2018. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menjamin, warga yang berusia 17 tahun saat hari pencoblosan akan tetap menyalurkan hak suaranya menggunakan Surat Keterangan (suket).

Tercatat ada 75 ribu jiwa warga Bandung Barat yang akan berusia 17 tahun saat pencoblosan Pilbup KBB dan Pilgub Jawa Barat 2018, yakni 27 Juni 2018.

"Kami sudah mendata, pada saat hari pencoblosan 27 Juni 2018 ada 75 warga KBB yang tepat 17 tahun. Mereka tetap bisa mencoblos karena kami akan keluarkan Suket-nya," terang Kepala Disdukcapil KBB Wahyu Diguna, Jumat (18/5/2018).

Baca Juga : Debat Publik Pilbup KBB, Tim Pemenangan Yakini Emas Kuasai Materi

Dikatakannya, pihaknya telah diberikan tenggat waktu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk segera menyelesaikan Suket tersebut pada 7 Juni 2018. Sebab nantinya Suket itu akan dibagikan ke masing-masing penerima serta menjadi pegangan bagi KPU terkait dengan warga yang berhak menyalurkan hak pilih pada Pilkada serentak.

Wahyu menjelaskan, Suket yang diserahkan itu ada yang sudah melakukan perekaman dan ada juga yang baru masuk dalam data base. Jika Suket yang sudah melakukan perekaman masa berlakunya selama enam bulan, tapi suket yang baru masuk data base bagi yang berusia 17 tahun pada hari H, masa berlakunya hanya sampai 27 Juni 2018.

Baca Juga : Analisis Pengamat Soal Debat Putaran Kedua Pilbup KBB: Datar dan Buang-buang Waktu

"Sehingga ketika habis masa berlaku, mereka harus segera melakukan perekaman," jelasnya.

Dia menyebutkan, hingga kini jumlah pemilih yang sudah melakukan perekaman tapi belum diterbitkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) ada 23.830. Sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), tapi belum melakukan perekaman sebanyak 23.940, dan pemilih baru dalam DPT 28.236.
Pihaknya terus berupaya menuntaskan perekaman berdasarkan coklit KPU meskipun ada toleransi Kemendagri bahwa yang menggunakan suket tetap bisa mencoblos.

Baca Juga : Dominasi Emas pada Debat Publik Kedua Pilbup Bupati Bandung Barat

Komisioner KPU KBB bidang Teknis Adie Saputro membenarkan, untuk warga yang berusia 17 tahun di hari pencoblosan akan mendapatkan surat keterangan khusus baik pribadi maupun kolektif dari Disdukcapil yang dapat digunakan hanya untuk pencoblosan.

"Kami sudah bicarakan pula ke Disduk soal nanti adanya warga yang genap usia 17 tahun di hari pencoblosan, jadi tak usah khawatir," tandasnya.

Baca Lainnya