Selasa, 10 April 2018 13:29

300 Personel Polisi Siap Amankan Debat Publik

Reporter : Fery Bangkit 
Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana.
Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Sebanyak 300 personel disiapkan untuk mengamankan debat publik paslon Cabup-Cawabup pilkada Kabupaten Bandung Barat (KBB) di Hotel Mason Pine, Kota Baru Parahyangan, Rabu (11/4/2018).

Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana menyebutkan, pihaknya sudah menyiapkan Rencana pengamanan (Renpam) untuk debat Paslon Cabup-Cawabup yang akan bertarung di Pilbup KBB 2018.

Baca Juga : Panwaslu KBB Temukan 13 Pelanggaran pada Pilkada KBB 2018, Satu Di antaranya Libatkan ASN

Pengamanan tidak dilakukan pada hari pelaksanaan debat, namun pra dan pasca pun sudah disiapkan secara matang.

"Pengamanan tidak hanya di hari H saja, karena itu sudah pasti diamankan. Namun mulai dari tahapan atau pra hingga pasca akan kita siapkan jauh hari sebelumnya," katanya saat dihubungi, Selasa (11/4/2018).

Baca Juga : Warga Minim Informasi Pilkada, KPU KBB Diberondong Sentilan Termasuk dari Abubakar

Bahkan, lanjutnya, Polres Cimahi sudah beberapa kali melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan pihak penyelenggara, seperti KPU dan Panwaslu, serta melakukan pendekatan kepada elemen lainnya yang terlibat dalam debat publik tersebut.

Untuk jumlah personel yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut, Rusdy menyebutkan kurang lebih 300 personel dari semua kesatuan, mulai dari intelejen, reskrim, sabhara, dan lantas. Sistem pengamanannya terbuka (berseragam) dan tertutup (pakaian preman).

Baca Juga : Debat Publik Pilbup KBB 2018, KPU Batasi 100 Pendukung per Paslon

"Polanya dibagi tiga ring. Ring satu dari keberangkatan tiap Paslon, ring dua di luar lokasi kegiatan, dan ring satu di dalam hotel," ujarnya.

Seperti diketahui, kegiatan Debat Publik ini akan diikuti oleh tiga Paslon Cabup/Cawabup peserta Pilbub KBB 2018, yakni Dody-Pupu, Aa Umbara-Hengky Kurniawan, dan Elin-Maman.

Baca Lainnya