Kamis, 6 September 2018 9:30

11 Kades dan 2 ASN KBB Terancam Dicoret dari Daftar Pileg 2019

Reporter : Fery Bangkit 
Ilustrasi
Ilustrasi [limawaktuid]

Limawaktu.id, - Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, total ada 11 Kepala Desa (Kades) dan dua Aparatur sipil Negara (ASN) di Kabupaten Bandung Barat (Kbb) yang masuk Daftar Calon Sementara (DCS).

Para pegawai yang dibayar uang negara tersebut harus menyerahkan Surat Keputusan (SK) pengunduran diri sebelum tanggal 20 September 2018 atau sebelum pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) Pileg 2019. Jika tidak, maka otomatis akan dicoret dari pencalonan.

Baca Juga : 16 Parpol di KBB Daftarkan Bacalegnya

Selain unsur Kades dan ASN, dari 646 jumlah DCS, Pileg di KBB juga diisi 46 anggota DPRD yang masih aktif, satu orang anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), satu orang perangkat desa dan tiga orang penyelenggara negara.

"Sisanya pekerja umum yang tak perlu mundur," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) KBB, Adie Saputro saat dihubungi via sambungan telepon, Kamis (6/9/2018).

Baca Juga : KPU KBB Sulit Lacak Status Kades yang Nyaleg

Dikatakannya, untuk surat pengunduran diri dari pejabat negara aktif, termasuk Kades dan ASN sudah masuk KPU KBB sejak penyerahan berkas persyaratan. Hanya saja untuk lolos ke arena pertarungan calon wakil rakyat, mereka harus menyerahkan SK resmi pengunduran diri dari instansi yang menaunginya.

"Kalau untuk surat pengunduran diri sudah masuk KPU, tinggal SK-nya. Akan kita tunggu sampai H-1 sebelum pengumuman DCT," tegasnya.

Jika tidak segera menyerahkannya, sesuai aturan KPU maka mereka akan dicoret. 

 

Baca Lainnya