Jumat, 6 April 2018 16:36

UNBK SMK di Jabar Lancar dan Sukses, Tidak ada Kebocoran

Reporter : Jumadi Kusuma
Illustrasi
Illustrasi [Pixabay]

Limawaktu.id - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMK di Jabar yang berlangsung selama 4 hari dari tanggal 2 - 5 April 2018, berdasarkan pemantauan FAGI berjalan sukses tanpa hambatan.

Demikian siaran pers FAGI yang diterima limawaktu.id, Kamis malam (5/4/18).

Ketua FAGI Iwan Hermawan hanya mendapat satu laporan dari SMK IT Bina Insan Kecamatan Cihurip Garut yang tiba-tiba mati listrik selama dua hari berturut-turut namun bisa ditangani panitia penyelenggara dengan menyediakan genset.

"UNBK SMK tidak ada kebocoran tidak seperti USBN kemarin, karena soal baru bisa dibuka oleh server sekolah hanya setengah jam sebelum di distribusikan kepada siswa dan soal yang diterima siswa sangat variatif. Hasil UNBK langsung terkirim ke Kemendikbud, sekolah tinggal menunggu hasilnya", jelas Iwan.

Menurutnya UNBK SMK nilainya tidak menentukan kelulusan siswa, hanya syarat mengikuti saja, nilainya  tidak diakumulasikan untuk kelulusan.

"UNBK berfungsi untuk pemetaan kualitas sekolah dan ada beberapa Perguruan Tinggi  yang menjadikannya bahan pertimbangan untuk penerimaan mahasiswa baru," pungkas Iwan.

Baca Lainnya