Rabu, 24 Agustus 2022 20:10

Pesan Atalia kepada Maba: Etika Dulu Baru Ilmu

Reporter : Permana
Breaking News Jabar
Ketua TP PKK Provinsi Jabar Atalia Praratya Kamil memberi motivasi kepada mahasiswa baru [Istimewa]

Bandung (limawaktu.id),- Prinsip yang harus dipegang adalah 'adab dulu baru ilmu', sehingga ilmu yang didapat akan menjadi berkah bagi diri sendiri, dan setelah lulus dapat memberi manfaat kepada orang lain.

"Etika menjadi hal penting dan ilmu juga penting agar tahu batasan mana yang baik dan yang tidak," ujar atalia saat menjadi narasumber pengenalan Kampus Universitas Widyatama, Kota Bandung, Rabu (24/8/2022).

Kepada mahasiswa yang hadir baik secara luring maupun darin, Atalia berpesan agar menggantungkan cita-cita setinggi-tingginya. Tidak semua orang mempunyai kesempatan yang sama dalam menempuh pendidikan hingga sejauh ini.

"Raih cita-cita melalui ilmu setinggi-tingginya, sebanyak-banyaknya. Menjadi mahasiswa adalah _privilege_karena tidak semua orang punya kemauan," imbuhnya.

Apabila hal tersebut berjalan dengan lancar, maka mimpi Indonesia menjadi negara adidaya 2045 akan terwujud. Asalkan anak-anak mudanya bisa memaksimalkan potensi yang ada.

"Kalian adalah manusia-manusia yang terpilih, maka maksimalkan potensi kalian di sini, jangan hanya mendapatkan kesia-siaan," ujar Atalia.

"Kalian bisa bersekolah tinggi lakukan maksimal jangan sia-siakan," tegasnya.

Demi menunjang itu semua, menurutnya, pendidikan formal saja tidak cukup. Oleh karena itu mahasiswa baru harus aktif di berbagai organisasi kampus menggali potensi lain di bidang nonakademik.

"Banyak orang salah melangkah karena tidak ada pendidikan karakter yang ditempa. Pendidikan nonformal diperlukan, supaya kita mampu menempatkan diri sesuai dengan tempatnya," pungkasnya.

 Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi jabar
Ika Mardiah

Baca Lainnya