Kamis, 3 Mei 2018 21:08

Ujian Siswa SD, Sebanyak 8.017 Peserta Diawasi 950 Pengawas

Reporter : Fery Bangkit 
Guru Mengantri Mengambil Soal USBN SD di Disdik Kota Cimahi.
Guru Mengantri Mengambil Soal USBN SD di Disdik Kota Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Setelah SMA dan SMP menggelar Ujian Nasional (UN), kini giliarn siswa SD/MI yang menggelar Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

USBN sekolah dasar dimulai sejak Kamis (3/5/2018), dan akan berakhir pada Sabtu (5/5/2018). Di Kota Cimahi, tercatat ada 8.017 siswa, dari 125 SD yang menjadi Peserta. Mereka akan diawasi 950 pengawas.

"Untuk pengawas digunakan sistem silang. Artinya pengawas bukan guru sekolah yang diawasi tetapi guru dari sekolah lain," kata Dikdik Suratno Nugrahawan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Kamis (3/5/2018.

Untuk ujian nasional tingak SD ini, pengerjaan masih manual. Soal sendiri akan diambil oleh panitia ujian dari kantor Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Jln. Rd. Demang Hardjakusumah pukul 05.00 WIB.

"Pihak sekolah sejak pukul 04.00 WIB sudah mengantri di sini (Disdik) untuk mengambil soal," terangnya.

Setelah soal tuntas dikerjakan siswa, pihaknya mengintruksikan panitia untuk segera menyerahkannya langsung kepada Dinas Pendidikan Kota Cimahi.

Dikatakan Dikdik, dengan mempercepat pengembalian soal yang sudah dikerjakan, diharapkan bisa menghilangkan kecurigaan adanya koreksi jawaban.

"Kita kurangi kecurangan. Kami atur sedemikian rupa. Sehingga tidak ada satu sisipun yang bisa dimanfaatkan untuk berbuat curang," ujarnya.

Selain itu, untuk pihaknya juga melibatkan pihak kepolisian untuk penjagaan terhadap soal dan jawaban.

 

Baca Lainnya