Senin, 23 April 2018 12:32

Sempat Terganggu Server, Wali Kota Cimahi Pastikan UNBK di Cimahi Lancar

Reporter : Fery Bangkit 
UNBK SMP/MTs Kota Cimahi.
UNBK SMP/MTs Kota Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Sebanyak 9.021 siswa SMP/MTs se-Kota cimahi menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Ujian berbasis online itu dimulai sejak Senin (23/4) hingga Kamis (26/4).

Tahun 2018 ini, UNBK semua sekolah di Kota Cimahi sudah 100% berbasis komputer. Rinciannya, 27 sekolah menggelar UNBK secara mandiri, 27 sekolah lainnya bergabung ikut fasilitas di SMA/SMK yang ada di Kota Cimahi.

Baca Juga : Himbauan Disdik Kota Cimahi Terkait UNBK Tingkat SMP/MTS

Untuk memastikan UNBK berjalan lancar, Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna memantau langsung sejumlah sekolah. Ditemani Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan, Ajay terpantau meninjau pelaksanaan UNBK di SMP Negeri 1, 2 dan 3.

Berdasarkan pantauan hari pertama, pelaksanaan UNBK sempat ada permasalahan. server dari pusat sempat terganggu. Akibatnya, UNBK tertunda hingga 15 menit.

Baca Juga : UNBK Tingkat SMP Sederajat di Cimahi Akan Dijaga 556 Pengawas

"Tapi alhamdulillah baik, sesuai harapan," kata Ajay saat ditemui di SMP Negeri 2 Kota Cimahi, Jalan Sudirman, Senin (23/4/2018).

Untuk tahun ini, Ajay menargetkan semua siswa lulus 100%. "Target kelulusan 100 persen," tutur Ajay.

Baca Juga : Disdik Bandung: Rp 50 Miliar untuk UNBK SMP

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan menegaskan, untuk pelaksanaan UNBK tingkat SMP/MTs, keamanan soal sudah terjamin.

Selain itu, kata Dikdik, kualitas soal Mata Pelajaran (Mapel) sudah sesuai dengan apa yang dipelajari oleh para siswa selama mengikuti jam pembelajaran.

"Untuk SMP, hasil interview dengan siswa, katanya sesuai antara soal dengan kisi-kisi," kata Dikdik.

Baca Lainnya