Selasa, 24 Oktober 2017 19:18

Sambut Bulan Bahasa, Lomba Baca Puisi Piala Rendra Digelar

Reporter : Muhammad Ankawijaya
Salah seorang peserta sedang membaca puisi dalam LBPPR.
Salah seorang peserta sedang membaca puisi dalam LBPPR. [Limawaktu]

Limawaktu.id, - Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa, Lomba Baca Puisi Piala Rendra (LBPPR) kembali digelar oleh Himpunan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, pada hari Selasa (24/10/2017), di gedung PKM, UPI.

Ketua Himpunan, Khoiri Setiawan, menyampaikan bahwa lomba ini diikuti oleh 100 orang peserta, yang terdiri dari 50 peserta umum dan 50 peserta pelajar. Mereka pun merupakan peserta pilihan hasil penyaringan di lima kota di Jawa Barat. Ke lima kota tersebut adalah Bandung, Tasikmalaya, Cirebon, Cianjur, dan Depok.

“Sebelumnya ada audisi di lima kota secara serentak. Ada sekitar 485 peserta yang daftar dan tersaring menjadi 100 orang. Ini terobosan baru di ajang ini.” ucap Khoiri.

Penilaian perlombaan sendiri dilakukan oleh tiga orang juri. Sedangkan yang menjadi juri dalam lomba kali ini adalah Rinrin Candra Resmi (teater), Sumiyadi (akademisi), dan Hasta Indriyana (penyair).

Menurut Khoiri, acara LBPPR merupakan bagian dari rangkaian acara Gebyar Bahasa dan Sastra Indonesia yang memiliki tema: “Bijak Berbahasa, Keharmonisan Bangsa Indonesia”. Selain LBPPR, ada juga parade budaya, screening film “Lentera Maya”, dan diskusi 10 buku.

Acara sendiri berlangsung dari tanggal 22 sampai 28 oktober 2017. (anka)*