Senin, 19 Maret 2018 13:30

Ribuan Siswa Ikuti Gladi Resik UNBK 2018

Reporter : Fery Bangkit 
Gladi Resik UNBK SMP/MTs Kota Cimahi.
Gladi Resik UNBK SMP/MTs Kota Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Jelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (unbk) tahun 2018 tingkat smp/mts, Dinas Pendidikan Kota Cimahi menggelar gladi resik.

Gladi resik akan berlangsung selama dua hari. Terhitung dimulai hari ini, Senin (19/3/2018) hingga Selasa (20/3/2018).

Baca Juga : FAGI: UNBK SMP Jangan Dipaksakan, Repotkan Orangtua Siswa

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Nana Suyatna mengatakan, tujuan diselenggarakannya gladi resik ini untuk memastikan semua siswa yang menjadi peserta siap dalam melaksanakan UNBK.

"Supaya pas pelaksanaan sudah terbiasa baik secara sistem log in. Terus bagaimana misalnya memperbaiki tata cara pengisian," ujar Nana, Senin (19/3/2018).

Baca Juga : Terkendala Infrastruktur TIK, UNBK SMP Belum Diwajibkan

Tercatat, ada sekitar 54 sekolah yang akan menggelar UNBK. 27 sekolah menggelarnya secara mandiri, atau di sekolah masing-masing, sementara 27 sekolah lainnya akan memanfaatkan fasilitas SMA/SMK di Kota Cimahi.

"Alhamdulillah untuk tahun ini, 54 sekolah 100 persen UNBK. Yang mandiri 27, sedangkan 27 sekolah digabung (menumpang ke SMA/SMK)," terang Nana.

Baca Juga : MTs Al-Islam Bandung Siap Selenggarakan UNBK Mandiri

UNBK akan dilaksanakan serentak pada 23 hingga 26 April 2018. Sementara ujian susulan akan dilaksanakan 8 sampai 9 Mei 2018.

Jumlah peserta yang akan mengikuti UNBK SMP/MTs di Kota Cimahi mencapai 9.024 siswa. 5.183 peserta menumpang UNBK ke SMA/SMK, sementara 3.843 menggelarnya secara mandiri atau di sekolahnya masing-masing.

Baca Juga : Ratusan Siswa SMP di Cimahi Numpang UNBK di SMA/SMK

Untuk tingkat SMP, jumlah pesertanya mencapai 7.489 siswa. Sedangkan MTs pesertanya mencapai 1.535 siswa. "Jumlah 9.024 yang sudah terverifikasi untuk UNBK," tutur Nana.

Untuk jumlah Mata Pelajaran (Mapel), masih sama seperti tahun sebelumnya, sebanyak empat pelajaran. Yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Nana melanjutkan, untuk persiapan teknis, semuanya sudah disiapkan secara matang. Termasuk persiapan teknis.

"Kita sudah sinkronisasi server. Sudah lancar," ucapnya.

Perihal aliran listrik saat pelaksanaan UNBK nanti, pihaknya meminta kepada pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) jangan sampai ada pemadaman listik.

"Saya harapkan jangan sampai ada pemadaman listrik," tandasnya.

Baca Lainnya