Jumat, 29 Maret 2019 15:16

Prestasi SMAN 3 Cimahi Musim UNBK Tahun ini, Sejumlah Siswanya Lolos SBMPTN di ITB-UGM

Reporter : Fery Bangkit 
Acara Muhassabah SMAN 3 Cimahi yang diikuti para peserta UNBK, Jumat (29/3/2019).
Acara Muhassabah SMAN 3 Cimahi yang diikuti para peserta UNBK, Jumat (29/3/2019). [ferybangkit]

Limawaktu.id - SMAN 3 Kota Cimahi berkomitmen terus menciptakan lulusan yang berprestasi setiap tahunnya. Bukan sekedar lulusan, tapi bisa bermanfaat bagi masyarakat.

"Saya selalu meyakinkan ke guru, siswa itu selalu berhasil. Bukan sekedar lulus, tapi bisa melanjutkan ke perguruan tinggi, kedinasan, kerja. Minimal bisa diterima baik," ujar Kepala SMAN 3 Kota Cimahi, Nelly Krisdiana saat ditemui usai acara Muhassabah yang diikuti para peserta UNBK, Jumat (29/3/2019).

Baca Juga : UNBK 2019: 618 Siswa SMKN 3 Cimahi 'Manteng' Depan Komputer Selama 4 Hari ke Depan

Hasilnya, dalam beberapa tahun terakhir, kata Nelly, sudah ada beberapa siswa lulusan SMAN 3 Kota Cimahi yang berhasi lulus ujia SBMPTN ke Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (Unpad) dan Universitas Gajah Mada (UGM). 

"Kalau dulu kan paling ke IKIP atau IPB. Tahun sekarang sudah ada yang lulus SBMPTN di ITB, Unpad sama UGM" ucapnya.

Baca Juga : UNBK di SMKN 3 Cimahi Digelar 'Lesehan'

Tahun ini, lanjut Nelly, SMAN 3 Kota Cimahi bakal meluluskan 457 siswa. Mereka akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2019. Pelaksanaan UNBK tahun ini akan dilaksanakan Senin, 1-4 April 2019.

"Untuk persiapan semuanya sudah dilaksanakan, dimulai dari muhasabah untuk membekali siswa peserta UNBK dengan motivasi agar mereka benar-benar siap," ujarnya.

Sementara persiapan secara teknis, pihak SMAN 3 Cimahi sudah menyediakan empat ruangan yang sudah dilengkapi dengan laptop yang akan digunakan oleh 26 hingga 30 peserta UNBK per ruangannya.

Nelly mengatakan, untuk persiapan teknis saat ini pihaknya tengah melakukam sinkronisasi server pusat, pengecekan komputer yang rusak pemeriksaan instalasi listrik dan yang terpenting pemeriksaan jaringan internet.

"Persiapan sudah lama kita lakukan, termasuk infrastruktur apa saja yang harus diperbaiki dan apa saja yang rusak dan harus diganti. Itu sudah dipersiapkan sejak awal," katanya.

Sedangkan untuk persiapan pengawasan, lanjut Nelly, pihaknya sudah menyediakan CCTV disetiap ruangan untuk antisipasi kecurangan saat pelaksanaan UNBK tersebut.

"CCTV sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu, peserta UNBK dipantau dari ruang Information and Communication Technology (ICT)," tandasnya.

Baca Lainnya