Sabtu, 7 Juli 2018 0:06

Pendaftaran SMP Negeri Ditutup, Orang Tua Siswa di Cimahi Dibuat Bingung Sistem

Reporter : Fery Bangkit 
Para orang tua siswa tengah mendaftarkan anaknya di SMP Negeri.
Para orang tua siswa tengah mendaftarkan anaknya di SMP Negeri. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat smp negeri jalur radius zona di Kota Cimahi resmi ditutup pada Jum'at (6/7/2018) tepat pukul 14.00 WIB. Sedangkan pengumuman resmi akan berlangsung Sabtu (7/7/2018).

Namun, sejumlah orang tua siswa sempat dibuat kebingungan dengan hasil statistik pada laman http://cimahi.siap-ppdb.com. Pasalnya, data yang ada masih terus mengalami pergerakan. Padahal, pendaftaran sudah ditutup.

Baca Juga : Sosialisasi PPDB Penting dan Strategis

Rizki (34), salah seorang orang tua siswa mengaku hingga saat ini belum merasa tenang. Pasalnya, data yang ia cek pada laman resmi PPDB masih terus mengalami pergerakan.

"Anak saya daftar ke SMPN 9 Cimahi. Tapi aneh kok masih berubah-ubah datanya padahal pendaftaran udah ditutup," katanya, Jum'at (6/7/2018).

Baca Juga : Para Calon Siswa SMPN 1 Cimahi Dibuat Galau, ini Sebabnya

Kuota untuk 11 SMP Negeri di Kota Cimahi sendiri mencapai 3.554 siswa. Namun dari data yang dilihat dari lama resmi PPDB Kota Cimahi hari ini, total pendaftar sudah mencapai 3.663 siswa.

Dirinya sendiri mengaku sempat meminta surat rekomendasi dari pihak DPRD Kota Cimahi. Tujuannya, agar anaknya mendapat kepastian masuk di SMP Negeri 9. Terlebih, anaknya memiliki prestasi yang cukup baik.

Baca Juga : Lulusan SD di Cimahi tak Tertampung di SMP Negeri

Namun tetap saja, ia belum merasa tenang sampai data yang terlihat pada situs resmi PPDB benar-benar terkunci. "Kalau harapan, ya pasti ingin anak saya tetap masuk dalam daftar. Tapi masih was-was," tutur Rizki.

Menjawab keluhan dari para orang tua, Nana Suyatna, Kepala Bidang Pembinaan SMP menjelaskan, memang untuk pendaftaran sudah resmi ditutup tepat pukul 14.00 WIB. Tapi, hingga proses entri data siswa belum selesai, pasti data akan terus bergerak.

Baca Juga : PPDB di Kota Cimahi Rentan Dicurangi!

"Jadi gini, yang daftar itu ditutup jam 2 (siang), tapi kan ketika ditutup itu operator itu masih bergerak, mengintup. Yang diterima sampai jam 2 itu kan harus diinput di sistem," jelasnya.

Pihaknya sendiri menargetkan, proses input data ke sistem pendaftar sampai pukul 14.00 WIB harus selesai pukul 16.00 WIB. Setelah itu, pihaknya memastikan tidak akan ada pergerakan data pendaftar.

"Kami kunci sampai jam 4 (sore), tapi harus diselesaikan dulu input yang daftar sampai jam 2," tandasnya.

Bila kuota SMP Negeri ditutup sampai 3.663 siswa, artinya sekitar 3.443 siswa lulusan Sekolah Dasar (SD) di Kota Cimahi terpaksa harus beralih ke SMP swasta. Pasalnya, lulusan SD di Kota Cimahi tahun 2018 mencapai sekitar 8.000 siswa.

"Sudah dibatasi kuotanya. Kuota (sekolah) negeri itu kita terbatas," tandasnya.

Baca Lainnya