Rabu, 24 Februari 2021 13:58

Orang Tua di Kota Bandung Keluhkan Dampingi Anak saat Belajar Online

Reporter : Wawan Gunawan
Hikmat Ginanjar Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung
Hikmat Ginanjar Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung [net]

Limawaktu.id,- Kepala Disdik Kota Bandung, Hikmat Ginanjar menerangkan Pihaknya masih meneima keluhan dari para orang tua terkait ketidaksanggupan mendampingi anak dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Untuk menanggulangi hal di atas, pihak Disdik menyiapkan atau meningkatkan layanan online Disdik yang bisa mengedukasi orang tua juga.

 “Layanan online ini  bernama SAKOJA dimana didalamnya terdapat panduan, bahan-bahan ajaran dan lain sebagainya,” terang Hikmat, saat rapat dengan Komisi D DPRD Kota Bandung, Rabu (24/2/2021).

Terkait permasalahan Disdik di tahun 2020 dan program kerja Disdik tahun 2021 , salah satunya adalah inovasi-inovasi program PJJ.

 Menurutnya, Sakoja dikembangkan dengan harapan dapat membawa Kota Bandung dalam era Pendidikan 4.0. Selain untuk meningkatkan mutu Pendidikan dan memberi kemudahan bagi Pendidik, Tenaga Kependidikan, Peserta Didik, Orang Tua dan masyarakat, diharapkan SaKOJA dapat memberikan gambaran sebagai bahan analisa Pendidikan di Kota Bandung hingga ke level mikro, lever per peserta didik, baik perkembanganna, minat serta kesulita-kesulitan yang dihadapi.

 SaKOJA pun, dilain pihak, dapat memberikan gambaran akan kebutuhan pada industri 4.0 dan dapat mengeksplorasi untuk kemungkinan baru di masa-masa mendatang, dapat menyebarkan potensi dari teknologi digital, konten dan sumber bahan ajar yang bersifat terbuka dan data yang dipersonalisasi yang terhubung dan terintegrasi, serta membuat sebuah cetak biru pendidikan yang baru, yang sesuai dengan perkembangan jaman.

 Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Komisi D Iher  menyampaikanm PJJ bukan hanya tentang digitalisasi tapi harus ada pengembangan karakter juga untuk peserta didik.Anggota Komisi D lainnya mengapresiasi atas apa yang sudah diupayakan oleh Disdik, akan tetapi masih perlu adanya pengoptimalisasian terhadap PJJ di Kota Bandung, terutama mengenai pengembangan karakter peserta didik yang sama pentingnya dengan kemampuan kognitif

Sementara, Ketua Komisi D,Aariessupriyatna ingin menekankan pembahasan program kerja Disdik fokus pada satu hal yang urgent saat ini, yaitu pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Aries juga menambahkan perlunya kerjasama dari semua pihak untuk mengelola pelaksanaan PJJ agar optimal.

 

 

 

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer