Selasa, 27 Maret 2018 12:06 Advertorial

MTs Al-Islam Bandung, Satu-satunya Madrasah yang Gunakan Tablet dalam Pembelajaran

Reporter : Jumadi Kusuma
Ajat Sudrajat, S.Th.I Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MTs Al Islam Bandung.
Ajat Sudrajat, S.Th.I Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MTs Al Islam Bandung. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Sejak semester pertama tahun pelajaran 2017, madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-islam Kota Bandung berinovasi memanfaatkan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dalam bentuk tablet dalam proses pembelajaran hampir semua mata pelajaran. Penggunaan tablet tersebut dalam proses pembelajaran di madrasah merupakan satu-satunya di Kota Bandung.

Demikian penuturan Ajat Sudrajat, S.Th.I Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MTs Al Islam di ruang kerjanya Jl. Simpang Holis Blk No. 59 Cibuntu - Soekarno Hatta Kota Bandung, Senin (26/3/18).

Baca Juga : MTs Al-Islam Bandung Kedepankan Kejujuran dan Manfaatkan TIK Dalam Proses Belajar Mengajar

"Program tablet (smartroom) supaya siswa semangat dalam pembelajaran dikelas. Kelebihan pake tablet untuk memudahkan anak dalam belajar dan untuk guru-guru dalam mengajar. Tidak hanya menulis saja, dengan memakai tablet bisa langsung searching dan disini disediakan wifi untuk bisa online langsung mencari suatu permasalahan yang dibutuhkan", kata Ajat guru lulusan Ponpes Modern Gontor ini.

Menurutnya, penggunaan tablet membuat proses pembelajaran tidak monoton dan secara akademik ada peningkatan dengan menambah wawasan siswa serta penghematan karena meminimalisir penggunaan kertas.

Lebih lanjut Ajat menyadari dan tidak menampik jika penggunaan teknologi itu bagaikan pisau bermata dua, tergantung yang menggunakannya. Karenanya pihak MTs mengawasinya.

"Tablet yang digunakan siswa disambungkan ke server (laptop) yang ada meja guru, jadi apapun yang dibuka oleh anak ada dan terekam. Bisa control setiap seminggu sekali lihat isinya. Jika ada yang bermasalah, maka akan diberi sanksi dengan dicabut hak kepemilikan tablet".

Penerimaan peserta didik baru MTs. Al-Islam Bandung Tahun Ajaran 2018-2019. [Limawaktu]

Diketahui, tablet diberikan secara gratis untuk setiap siswa dan boleh dibawa pulang, dan sebelum lulus masih milik sekolah.

Selain penggunaan tablet, MTs al-Islam juga akan menambah ekstrakulikuler diantaranya pencak silat yang sebelumnya ada karate, dan juga pidato dalam bahasa Indonesia, Arab, Inggris serta Sunda.

"Alhamdulillah, lulusan MTs al-Islam hampi 50 % diterima disekolah unggulan atau negeri. Dan untuk orangtua calon siswa yang berminat menitipkan anaknya bisa menghubungi langsung ke panitia PPDB MTs Al Islam mulai bulan April sampai Juni dengan syarat mengisi formulir pendaftaran, kartu keluarga, akte anak dan KTP orangtua", pungkas Ajat.

Baca Lainnya