Kamis, 22 Februari 2018 18:48

MTs Al-Islam Bandung Kedepankan Kejujuran dan Manfaatkan TIK Dalam Proses Belajar Mengajar

Reporter : Jumadi Kusuma
​Kepala Sekolah MTs Al-Islam Kota Bandung, Fathurrohman, S.Pdi.
​Kepala Sekolah MTs Al-Islam Kota Bandung, Fathurrohman, S.Pdi. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Salah satu masalah besar bangsa ini adalah hilangnya Kejujuran dengan tersebarnya banyak kebohongan atau hoaks terutama di media sosial yang berdampak luas ditengah masyarakat bahkan kehidupan berbangsa dan bernegara. Pendidikan yang hanya mengedepankan pencapain prestasi akademik tanpa dilandasi karakter dan kejujuran hanya menghasilkan manusia yang cerdas tapi cendrung menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan.

Karenanya Madrasah Tsanawiyah (Mts) Al-Islam Kota Bandung ditengah pragmatisme dunia pendidikan, keukeuh memegang prinsip kejujuran sebagai karakter utama dalam kegiatan belajar dan mengajar. Dari 42 MTs di Kota Bandung, hanya tujuh madrasah yang mendapat Piagam Penghargaan dari Mendikbud sebagai sekolah dengan Indeks Integritas penyelenggaraan Ujian Nasional yang tinggi pada tahun 2015, salah satunya adalah MTs Al-Islam Kota Bandung. Piagam tersebut dianugrahkan hanya untuk sekolah yang terbukti memiliki integritas dan kejujuran.

Kendati mengedepankan kejujuran, prestasi akademik MTs Al-Islam tidak terlalu mengecewakan, demikian penuturan Kepala MTs Al-Islam Fathurrohman, S.Pdi kepada limawaktu.id saat ditemui diruang kerjanya yang beralamat di Jl. Simpang Holis (Soekarno-Hatta) No. 59 Bandung Kulon Kota Bandung.

"Dari sisi prestasi akademik MTs Al-Islam berada dilevel menengah diantara madrasah lainnya di Kota Bandung, bahkan beberapa tahun lalu masuk sepuluh besar. Sampai saat ini tetap menjungjung tinggi kejujuran dalam proses akademik", tuturnya.

Menjelang dua tahun ini, MTs Al-Islam sedang berbenah terutama dalam sarana dan fasilitas untuk pembelajaran Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) yang saat ini sudah memiliki 20 unit komputer dan siap menyelenggaran Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) secara mandiri.

Selain itu dalam prestasi bidang olahraga MTs Al-Islam patut dibanggakan, "MTs Al-Islam pernah meraih juara satu dan dua bulutangkis tingkat Kota Bandung dan juara lomba lari 100 meter putri duakali berturut-turut mewakili Kota Bandung untuk tingkat Provinsi Jawa Barat pada tahun 2014-2015", katanya dengan bangga.

Lebih lanjut Fathurrohman menuturkan prestasi lain diantaranya juara pertama lomba pidato bahasa Arab untuk tingkat Kota Bandung dan juga nilai afektif dalam bertutur menggunakan bahasa sehari-hari dibandingkan dengan sekolah lain.

"Alhamdulillah, siswa MTs Al-Islam untuk sikap dan bahasa selama di sekolah terjaga dari bahasa kasar dan seronok. Dalam menggunakan media sosial juga diusahakan pemanfaatannya secara baik dan benar", katanya penuh syukur.

Terkait tenaga pendidik dan guru hampir 99 % lulusan sarjana (S1) sesuai bidangnya dari beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta diantaranya dari IKIP, IPB, UIN, STKIP dan UNINUS.

"MTs Al-Islam bisa menghasilkan lulusan yang cerdas, berbudi pekerti dan menjadi contoh panutan dilingkungan masyarakat", pungkasnya penuh harap.

Baca Lainnya