Selasa, 3 Juli 2018 14:55

Lulusan SD di Cimahi tak Tertampung di SMP Negeri

Reporter : Fery Bangkit 
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018 di SMPN 1 Cimahi.
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018 di SMPN 1 Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan menyebutkan, tahun ini lulusan Sekolah Dasar (SD) se-Kota Cimahi mencapai 8.000 siswa.

Ribuan lulusan SD tersebut tengah berjuang memperebutkan 3.554 kuota Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kota Cimahi. Total hanya ada 11 SMPN di Cimahi.

"Lulusan SD tahun ini sekitar 8 ribu. Sekolah negeri kita hanya 11," kata Dikdik saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Selasa (3/7/2018).

Diakui Dikdik, daya tampung sekolah negeri saat ini Tidak mencukupi untuk menerima sekitar 8.000 lulusan SD. Dikatakannya, siswa yang tidak Tertampung di SMPN akan diarahkan ke sekolah swasta.

Total Smp swasta di Kota Cimahi mencapai 25 sekolah. Selain itu, kata Dikdik, ada juga siswa asal Kota Cimahi yang menanjutkan pendidikannya ke luar Cimahi.

"Daya tampung SMP tidak sebanding dengan lulusan SD. Cimahi ini masih kekurangan (sekolah negeri)," kata Dikdik.

Untuk saat ini, Dikdik tak memungkiri bahwa para calon siswa masih menganggap lebih baik masuk SMP favorit ataupun sekolah negeri. Namun, klaim Dikdik, pihaknya selalu berupaya untuk melakukan pemerataan. Salah satunya dengan sistem radius zona.

Selain itu, lanjut Dikdik, pembinaan terhadap sekolah swasta pun pasti dilakukan. Termasuk dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini. Pihaknya menghimbau agar siswa yang tidak diterima di sekolah negeri agar mendaftar ke sekolah swasta yang ada di Kota Cimahi.

"Sekolah swasta tentu harus bisa menjadi potensi sehingga semua masyarakat Cimahi usia sekolah itu bisa dilayani," pungkasnya.

Penerimaan dimulai dari jalur afirmasi, prestasi luar zona dan alasan khusus. Pendaftaran berlangsung pada 25-26 Juni. Sementara pengumuman berlangsung 2 Juli 2018.

Berdasarkan pantauan dari situs http://cimahi.siap-ppdb.com, PPDB jalur afirmasi memiliki daya tampung sebanyak 1.030 siswa, jalur prestasi luar zona 165 siswa dan jalur khusus sebanyak 165 siswa.

Sementara untuk jalur radius zona, pendaftarannya baru dibuka pada 2 hingga 6 Juli 2018. Daya tampungnya mencapai 2.029 siswa. Sama halnya dengan jalur radius zona daerah perbatasan. Hanya saja daya tampungnya lebih kecil yakni 165 siswa.

Baca Lainnya