Selasa, 17 Oktober 2017 18:31

LKIR dan NYIA 2017 Ajang Adu Kreativitas Remaja Inovatif

Kusman, S.Pd, Guru Pendamping SMKN 2 Cimahi.
Kusman, S.Pd, Guru Pendamping SMKN 2 Cimahi. [limawaktu.id]

Limawaktu.id, - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengadakan lomba tahunan yang bertujuan mencari bakat-bakat muda di bidang sains dan teknologi se-Indonesia. Lomba ini dibagi menjadi dua kategori yaitu Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-49 dan National Young Inventor Award (NYIA) ke-10.

Sebanyak 1200 lebih proposal yang diajukan ke panitia LKIR dan pada kategori NYIA dari 794 proposal yang lolos seleksi sebanyak 40 peserta. Seleksi selanjutnya akan di jadwalkan pada tanggal 23-26 Oktober 2017 di Jakarta yang bertepatan dengan Indonesia Science Expo (ISE) 2017.

Para finalis akan memamerkan hasil karyanya pada masyarakat umum dan sekaligus akan diseleksi pada tiap kategori menjadi tiga besar pemenang lomba. Menurut Kusman Subarja, S.Pd., guru pendamping dari SMKN 2 Cimahi, yang kedua tim asuhannya lolos 40 Besar pada kategori NYIA, mengatakan bahwa ajang ini sangat positif untuk memberikan ruang pada siswa dalam berinovasi dan berkreasi.

“Biasanya pemenang ajang ini akan mewakili Indonesia di tingkat internasional, Ya, mudah-mudahan anak-anak bisa menang. Kalaupun tidak lolos ada pengalaman berharga buat mereka,” ujar Kusman.

SMKN 2 Cimahi sendiri, mengirimkan 2 tim pada kategori NYIA dan lolos dari 794 pesaingnya dengan judul proposal “Next Light Box” dan “RATU TABA” (Rak Sepatu Tahan Bau). (kunk)*

 

Baca Lainnya