Sabtu, 25 November 2017 16:59

Kesejahteraan Guru Tidak melulu Soal Uang

Reporter : Jumadi Kusuma
Jalaludin, Kabid Sekolah Dasar Disdik Kabupaten Bandung Barat menghadiri Peringatan Hari Guru
Jalaludin, Kabid Sekolah Dasar Disdik Kabupaten Bandung Barat menghadiri Peringatan Hari Guru [limawaktu]

Limawaktu.id, - Kenyamanan seorang guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, serta adanya perlindungan kepada guru, menjadi hal yang diharapkan para guru disamping soal keuangan.

Kepala Bidang Sekolah Dasar Disdik Kabupaten bandung Barat Jalaludin mengungkapkan, Kesejahteraan guru itu tidak melulu masalah keuangan, tapi juga soal kenyamanan dan perlindungan guru.

“Seperti kegiatan Hari Guru Nasional ini ada nilai kebersamaan disambut antusias, kita juga mengusulkan ke pemerintah bagaimana meningkatkan kesejahteraan guru, “ katanya, saat ditemui pada Peringatan Hari Guru Nasional betempat di Lapangan Mekarsari Pemkab Bandung Barat, Sabtu (25/11).

Menurut Jalaludin ada tujuhbelas ribu guru hononer di Kabupaten Bandung Barat, “Kesejahteraan guru honorer itu dibayar oleh sekolah yang notabene diambil dari BOS (Bantuan Operasional Sekolah, red.) yang sesuai aturan itu limabelas persen dari anggaran dana BOS, kalau untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) ada Tunjangan Daerah (Tunda) berupa bantuan dari pemerintah yang relatif kecil yaitu Rp. 200 ribu untuk lima ribu guru PNS di Kabupaten Bandung Barat.

Terkait pengangkatan guru honorer, Jalaludin menuturkan, pengangkatan guru honorer itu pemerintah pusat yang bertanggungjawab, mudah-mudahan saja pemerintah dapat mengangkat guru honorer yang sudah lama.

” Adapun peran Pemerintah Daerah sedang berupaya untuk mensejahterakan para guru,”pungkasnya. (jk)