Kamis, 4 April 2019 18:51

Kemenpar RI Wajibkan Pekerja Hotel Miliki Sertifikat

Reporter : Fery Bangkit 
SMK 3 Kota Cimahi Uji Kompetensi Pendidikan Pada Bidang Hotel Kamis (4/4/2019)
SMK 3 Kota Cimahi Uji Kompetensi Pendidikan Pada Bidang Hotel Kamis (4/4/2019) [ferybangkit]

Limawaktu.id - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI mewajibkan para pekerja di bidang perhotelan dan restoran wajib memiliki sertifikat. Sebab, sertifikasi itu merupakan salah satu syarat yang dipertimbangkan dalam dunia kerja.

Hal itu disampaikan Fungsional Kemenpar RI, Ahmad Suharto uji kompetensi pendidikan pada Bidang Hotel, Restoran dan Kepemanduan di SMKN 3 Cimahi, Jalan Permana, Kamis (4/4/2019).

Baca Juga : Ciptakan Lulusan Siap Kerja, LPS SMKN 3 Cimahi Gelar Uji Kompetensi

"Wajib hukumnnya untuk dilakukan uji tenaga kerja memiliki sertifikasi. Ini modal utama bagi mereka dapat bekerja dan bersaing secara global," ujar Ahmad.

Dikatakannya, pihaknya bersama negara-negara regional di ASEAN sudah sepakat bahwa yang akan akan diterima dunia industri itu adalah seorang Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kapasitas. Baik dari sisi keterampilan, pengetahuan dan sikap. Salah satunya dengan uji kompetensi dan telah tersertifikasi.

"Sehebat apapun manusia kalau tidak kompeten itu tidak akan terlihat nyata hasil yang kita punya, sehingga dibutuhkan SDM yang kompeten," katanya.

Dengan begitu, tegas dia, uji sertifikasi ini sangat penting. Termasuk bagi para siswa kejuruan. Selain akan dianggap kompeten, sertifikasi itu akan meningkatkan daya saing. Bukan hanya antar pekerja lokal, melainkan mampu bersaing dengan pekerja dari luar Indonesia.

"kita bukan bersaing nasional, tapi global sehingga harus mempunyai kemampuan global. Persaingan dilihat dari sertifikat kompetensinya," bebernya.

Baca Lainnya