Minggu, 8 Oktober 2017 18:34

Kamarung Menuju Jalan Animasi

Reporter : Fery Bangkit 
Salah satu tenant BIAF di Technopark
Salah satu tenant BIAF di Technopark [kit/limawaktu]

limawaktu.id - Kamarung, hanyalah nama jalan di Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi. 

Sekilas, memang tak ada yang spesial dengan nama jalan tersebut. Bahkan, mungkin nama jalannya pun tak banyak dikenal orang.

Untuk mempopulerkan Jalan Kamarung, sekelompok pelajar berprestasi yang menamakan diri Kamaroeng Anima SMK Negeri 2 Cimahi membuat terobosan unik.

Kamarung mereka kemas dalam sebuah animasi 3D dan 2D. Animasi karya para calon animator potensial tersebut ditampilkan dalam Baros International Animation Festival (BIAF) 2017, yang digelar pada 6-8 Oktober di Technopark Cimahi, Jln. Raya Baros.

Dibuat sejak tahun 2012 lalu, animasi Kamarung terus dikembangkan oleh berbagai generasi Kamaroeng Animasi SMK Negeri 2 Kota Cimahi. 

“Ini dibuat sejak lima tahun lalu. Iya kami terinspirasi dari nama Jalan Kamarung yang belum terkenal,” ujar Mochammad Hasan Basri Duran (16), Ketua Kamaroeng Animasi SMK Negeri 2 Kota Cimahi periode 2017-2018 saat ditemui di salah satu tenant BIAF, Sabtu (7/10/2017).

Lebih jauh, tercetusnya animasi Kamarung ialah untuk mengangkat dan mempopulerkan serta menampilkan ciri khas Jalan Kamarung. Terlebih lagi, alamat sekolah SMK Negeri 2 terletak di Jalan Kamarung.

Secara grafik, dalam video animasi 3D dan 2D, sekilas hanya menampilkan sejumlah area dan titik-titik yang berada di Jalan Kamarung.

Namun, dalam sejumlah gambar animasinya, terdapat sejumlah karakter yang menampilkan ciri khas kebudayaan sunda, yang melekat dengan Cimahi.

Harapan lebih jauhnya, ujar Hasan, Kamarung ini bisa dijadikan sebuah film animasi, yang bisa dinikmati khalayak banyak.

“Kita sudah ada proyek bikin film animasi Kamarung,” tuturnya, sambil menunjukan secara singkat cara membuat animasi dalam komputer.

Sekilas tentang BIAF 2017, selain Animasi Kamarung, ada puluhan karya animasi lainnya yang ditampilkan dalam tenant, salah satunya 'Dewi dan Surat dari Cimahi'.(kit)*