Kamis, 19 April 2018 12:59

Himbauan Disdik Kota Cimahi Terkait UNBK Tingkat SMP/MTS

Reporter : Fery Bangkit 
Nana Suyatna, Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Cimahi.
Nana Suyatna, Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Dinas Pendidikan Kota CImahi memastikan tidak akan ada kebocoran soal dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTS di Cimahi.

Namun, Nana Suyatna, Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Cimahi tetap menghimbau agar seluruh peserta UNBK di Cimahi tidak mudah terpengaruh oleh bocoran soal.

"Kami menghimbau kepada seluruh siswa, intinya jangan terlalu percaya bocoran," imbuh Nana saat ditemui di Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Kamis (19/4/2018).

Dikatakannya, kemungkinan kebocoran soal pada UNBK tingkat SMP sederajat ini sangat kecil terjadi. Pasalnya, sistem yang digunakannya pun sudah menggunakan komputer. Terlebih lagi, variasi soal antar peserta dipastikan berbeda.

Tahun 2018 ini, UNBK semua sekolah di Kota Cimahi sudah 100% berbasis komputer. Rinciannya, 27 sekolah menggelar UNBK secara mandiri, 27 sekolah lainnya bergabung ikut fasilitas di SMA/SMK yang ada di Kota Cimahi.

Untuk total peserta UNBK tingkat SMP mencapai 7.486 siswa, MTs sebanyak 1.535 siswa, peserta paket B 288 siswa dan peserta UNBK paket C sebanyak 597 siswa.

"Pelaksanaan UNBK-nya itu tanggal 23-26 (April). Untuk ujian susulan tanggal 8-9 Mei," terang Nana.

Untuk persiapan, lanjut Nana, semua persiapan teknis maupun non teknis, Kota Cimahi sudah siap untuk melaksanakan UNBK pekan depan.

Bahkan, untuk memastikan kesiapan itu, beberapa waktu lalu pihaknya sudah mengadakan rapat koordinasi dengan semua Wakasek Kurikulum semua sekolah SMP sederajat di Kota Cimahi.

Selain itu, soal teknis listrik, pihaknya pun sudah berkoordinasi dengan unit PLN yang ada di Cimahi perihal pelaksanaan UNBK ini.

"Kita sudah rakor dengan proktor dan teknisi. Allhamdulilah kondisinya lancar," tandasnya.

Baca Lainnya