Senin, 12 Februari 2018 14:18

FAGI Desak Aher Segera Ganti Kepala SMA dan SMK Yang Habis Masa Tugasnya

Ditulis Oleh Jumadi Kusuma
Ilustrasi.
Ilustrasi. [Net]

Limawaktu.id,- Puluhan Kepala SMA dan SMK Negeri di Jawa Barat telah habis masa tugasnya dan berdasarkan Permendiknas nomor 28 tahun 2010 seharusnya Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan segera memberhentikannya dan melaksanakan periodesasi kepala sekolah, demikian siaran pers Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Jawa Barat yang diterima limawaktu.id, Senin (12/2/18).

Untuk itu Ketua FAGI Iwan Hermawan mendesak Guburnur Jawa Barat untuk segera memberhentikan Kepala Sekolah SMA dan SMK Negeri di Jawa Barat yang telah habis masa tugasnya.

"Berdasarkan pantaun FAGI belum semua kota atau kabupaten di Jawa Barat melaksanakan periodisasi kepala sekolah padahal aturannya sudah lama di keluarkan oleh Kemendikbud, sehingga puluhan Kepala SMA dan SMK negeri sudah habis masa tugasnya".

Lebih lanjut Iwan menjelaskan bahwa untuk mengisi kekosongan kepala sekolah tidak bisa oleh sembarang guru, hanya guru yang sudah memiliki sertifikat kepala sekolah dari Kemendikbud yang bisa menjadi kepala sekolah.

"Banyak guru SMA dan SMK Negeri di Jabar yang sudah lulus dari Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) Solo, namun tidak lolos seleksi, padahal mereka dikirim mengikuti pendidikan dengan biaya APBD sampai saat ini masih belum ditempatkan. Sementara yang belum sama sekali ikut pendidikan bisa lolos seleksi dan dilantik jadi kepala sekolah. Ini pemborosan karena Pemprov Jabar harus mendidik lagi mereka agar memiliki sertifikat kepala sekolah", pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat Ahmad Hadadi tidak memberikan tanggapannya saat limawaktu.id menghubunginya.