Senin, 13 Mei 2019 12:10

Dua Siswa SMKN 1 Cimahi Raih Nilai UNBK tertinggi di Jabar, ini Rincian Nilainya

Reporter : Fery Bangkit 
Naufal Aditya Juniarahman (kiri) dan Naufal Aqila Qamaruddin
Naufal Aditya Juniarahman (kiri) dan Naufal Aqila Qamaruddin [ferybangkit]

Limawaktu.id - Siswa SMKN 1 Kota Cimahi Naufal Aditya Juniarahman (17) meraih nilai tertinggi se-Jawa Barat pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK tahun 2019. 

Siswa jurusan Teknik Otomasi Industri itu mendapat nilai 376,5. Rinciannya, Bahasa Indonesia 100, Bahasa Inggris 94,0, Matematika 92,5, Kejuruan 90,5.

Baca Juga : UNBK 2019: 618 Siswa SMKN 3 Cimahi 'Manteng' Depan Komputer Selama 4 Hari ke Depan

Saat ditemui di SMKN 1 Kota Cimahi, Jalan Mahar Martanegara, Cimahi, Senin (13/5/2019, Naufal mengaku tak menyangka bisa mendapat nilai tertinggi se-Jawa Barat pada UNBK tahun ini.

"Iya kaget gak nyangka aja. Tapi seneng banget pastinya," tutur pria kelahiran 3 Juli 2001 itu.

Baca Juga : UNBK di SMKN 3 Cimahi Digelar 'Lesehan'

Ia mengatakan, sebetulnya tak ada trik khusus dalam menghadapi UNBK tahun 2019 ini. Sama saja seperti siswa yang lainnya, yang Naufal lakukan hanya belajar seperti biasa.

"Kalau persiapan khusus gak ada. Belajar di rumah juga kadang. Paling pemantapan di sekolah," ujar Naufal.

Baca Juga : Prestasi SMAN 3 Cimahi Musim UNBK Tahun ini, Sejumlah Siswanya Lolos SBMPTN di ITB-UGM

Setelah itu lulus, siswa yang berasal dari Tanimulya, Kabupaten Bandung Barat (KBB) itu ingin melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi (PT). Tak main-main, anak tunggal itu ingin mengenyam pendidikan Technischeen Universitat Berlin, Jerman. 

Namun sebelum melanjutkan ke perguguran tinggi, Naufal terlebih dulu harus mengikuti program D1 atau tingkat IV yang memang diprogramkan bagi siswa SMKN 1 Kota Cimahi. "Mau nyari beasiswa, nyari jalan. Di sana kerja sambil kuliah," ucapnya.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Kota Cimahi, Daud Saleh mengapresiasi raihan para siswanya yang mendapat nilai teritinggi pada UNBK tahun ini. Ia menilai, prestasi sangat diluar dugaannya.

"Kalau saya menargetkan, siswa itu bisa meraih nilai setinggi-tingginya. Tapi raihan nilai tertinggi di Jawa Barat ini diluar dugaan kita," katanya.

Menurutnya, Naufal sendiri merupakan tipe anak yang cepat menyerap setiap pelajaran. Ilmu yang didapatnya pun kerap dibagikannya kepada teman-teman.

Selain Naufal Aditya, siswa SMKN 1 Kota Cimahi lainnya, yakni Naufal 'Aqila Qamaruddin (17) juga meraih prestasi. Siswa jurusan Teknik Elektronik itu meraih nilai tertinggi kedua se-Jawa Barat dengan total nilai 374 di bawah Naufal Aditya.

Baca Lainnya