Rabu, 19 Mei 2021 15:58

Disdik Segera Simulasikan Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah

Reporter : Bubun Munawar
Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi Hardjono memimpin rapat koordinasi persiapan Simulasi PTM di Sekolah
Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi Hardjono memimpin rapat koordinasi persiapan Simulasi PTM di Sekolah [Istimewa]

Limawaktu.id,- Dinas Pendidikan Kota Cimahi akan melakukan Simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di PAUD, TK, SD, dan SMP negeri dan swasta di Kota Cimahi.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi Hardjono mengungkapkan,  Rencananya, simulasi PTM akan dilaksanakan pada tanggal 24, 25, 27, 28, 29, 31 Mei 2021. Pihaknya memohon dukungan dari semua elemen masyarakat, terutama para pemangku kepentingan pendidikan, demi keberhasilan kegiatan simulasi ini.

“Persiapan Simulsi tersebut sudah kami bahas dalam rapat koordinasi persiapan uji coba (simulasi) pelaksanaan PTM,” ungkap Hardjono, Rabu (19/5/2021).

Sebelumnya, Kadisdik menyebutkan, ada beberapoa persyaratan yang harus dipenuhi ketika sekolah melakukan PTM. Persyaratan tersebut adalah Ketersediaan sarana sanitasi dan kebersihan, seperti: toilet bersih dan layak adanya sarana cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer disinfektan.

Selain itu sekolah juga harus mampu mengakses fasilitas pelayanan Kesehatan, Kesiapan menerapkan wajib masker, memiliki thermogun, memiliki memiliki akses terhadap transportasi yang aman memiliki riwayat perjalanan dari daerah dengan tingkat risiko Covid-19 yang tinggi atau riwayat kontak dengan orang terkonfirmasi positif Covid-19, serta harus  mampu  menyelesaikan isolasi mandiri, serta mendapatkan persetujuan komite sekolah atau perwakilan orangtua atau wali.

“Pembelajaran tatap muka diperbolehkan, tetapi tidak diwajibkan. Tak hanya itu saja, kini kewenangan diserahkan kepada pemerintah daerah (Pemda), sekolah, dan orangtua,” pungkasnya.

 

 

Baca Lainnya