Senin, 9 Juli 2018 12:38

Disdik Kota Cimahi Wacanakan Ajukan Evaluasi Jalur Zonasi PPDB

Reporter : Fery Bangkit 
Ilustrasi.
Ilustrasi. [Net]

Limawaktu.id,- Dinas pendidikan Kota Cimahi mengakui, masih ada kekurangan dalam penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (ppdb) tahun 2018.

Dikatakannya, pihaknya akan mengevaluasi PPDB tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri tahun 2018 ini. Khususnya PPDB jalur radius zona.

Baca Juga : Lulusan SD di Cimahi tak Tertampung di SMP Negeri

"Pasca PPDB, kita akan evaluasi. Bila perlu kita kirim surat ke Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)," kata Dikdik saat ditemui Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Demang Hardjakusumah, Senin (9/7/2018).

Proses pendaftaran semua jalur PPDB SMP Negeri di Kota Cimahi sudah dilaksanakan sejak 25-26 Juni dan 2-6 Juli. Sedangkan pengumuman dilaksanakan 7 Juli 2018.

Baca Juga : PPDB di Kota Cimahi Rentan Dicurangi!

Kuota untuk 11 SMP Negeri di Kota Cimahi sendiri mencapai 3.554 siswa. Namun dari data yang dilihat dari lama resmi PPDB Kota Cimahi hari ini, total pendaftar sudah mencapai 3.663 siswa.

Dikatakan Dikdik, memang dalam sistem PPDB ini ada ketidakpuasan dari para orang tua siswa. Untuk itu, pihaknya meminta untuk memakluminya. Pasalnya, dalam setiap penyelenggaraan pendidikan ada keterbatasan aturan.

Baca Juga : Kecewa Anaknya Ditolak di SMAN 5 Cimahi, Orang Tua ini Rusak Fasilitas Sekolah

"Kami dalam menyelegarakan pendidikan tentu ada keterbatasan aturan," ucapnya.

Khusus jalur radius zona, menurut Dikdik memang, jalur yang harus dievaluasi. Terutama di Kota Cimahi. Alasannya, kata dia, berbicara zona kedekatan dengan sekolah, SMP Negeri di Kota Cimahi tidak merata.

Faktanya bisa dilihat dari jumlah SMP Negeri yang ada. Dari 15 kelurahan se-Kota Cimahi, empat di antaranya tidak memiliki SMP Negeri.

"SMP tak merata. Beberapa kelurahan tak memiliki sekolah negeri. Di antaranya Cigugur Tengah, Cibeber, Padasuka dan Pasir Kaliki," bebernya.

Baca Lainnya

Dedi
Dedi

Khusus jalur radius zona, menurut Dikdik memang, jalur yang harus dievaluasi. Terutama di Kota Cimahi. Alasannya, kata dia, berbicara zona kedekatan dengan sekolah, SMP Negeri di Kota Cimahi tidak merata. Betul pak harus di evaluasi, bagaimana kalau rumahnya jauh bilang dekat. Kalau semuanya jujur mungkin saya lolos sekolah di SMPN Kota Cimahi..

9 Juli 2018 14:53 Balas