Sabtu, 7 Oktober 2017 18:28

Digaungkan Awal Tahun, Aplikasi E-Book Batal Karena tak Dianggarkan.

Reporter : Fery Bangkit 
Warga sedang meminjam buku di Perpustakaan Kota Cimahi.
Warga sedang meminjam buku di Perpustakaan Kota Cimahi. [JabarProv]

Limawaktu.id, – Rencana penerapan E-Book (Pinjam buku lewat sistem Elektronik) sudah digaungkan sejak awal  2017 oleh Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi, Namun Batal dilaksanakan Lantaran dalam pagu anggaran ternyata belum dianggarkan, maka rencana tersebut mentah untuk tahun ini. 

Rencana penerapan E-Book sudah digaungkan sejak awal tahun 2017 oleh Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi, makanya rencana tersebut mentah untuk tahun ini. 

Sekretaris Diskominfoarpu Kota Cimahi, Muhammad Ronny menjelaskan, penerapan pinjam buku melalui E-Book sudah jadi keinginanya sejak awal. Namun harus gugur lantaran dalam anggaran ternyata yang tercatat  masih pengadaan buku saja.

“Anggaran tertulisnya untuk pengadaan buku. Mungkin tahun 2018 bisa direncanakan lagi,” ujarnya, melalui sambungan telepon, Sabtu (7/10/2017). 

Dikatakannya, rencana penerapan E-Book karena melihat kondisi perpustakaan yang sudah semakin sempit. Jika terus dilakukan pengadaan buku, mungkin akan semakin sempit, mengingat kondisi tempat penyimpanan yang terbatas.

Menurutnya, sistem E-Book sendiri bisa dijadikan solusi atas permasalahan tersebut. Nantinya, para peminjam hanya cukup membaca buku lewat aplikasi dengan jenis buku yang telah disiapkan oleh Perpustakaan Kota Cimahi.

“Penyimpanan sudah mulai penuh, ruangan sudah mulai gak cukup,” ucapnya.

Hingga tahun 2017 ini, stok buku yang terdapat di Perpusatakaan Kota Cimahi mencapai 19.383 eksemplar. Jumlah tersebut belum ditambah dengan pengadaan buku tahun 2017 sebanyak 1.200 eksemplar.(kit)*