Kamis, 13 September 2018 12:47

Ciptakan Pelopor Keselamatan Lalu Lintas Lewat Cerdas Cermat

Reporter : Fery Bangkit 
Pembukaan Cerdas Cermat antar Pelajar di Aula Gedung B Pemkot Cimahi, Kamis (13/9/2018).
Pembukaan Cerdas Cermat antar Pelajar di Aula Gedung B Pemkot Cimahi, Kamis (13/9/2018). [Fery Bangkit/limawaktuid]

Limawaktu.id, - Dinas perhubungan Kota Cimahi semakin serius menekan angka kecelakaan lalu lintas. Terutama terhadap pelajar.

Setelah kegiatan rutin berupa sosialisasi dan safety ridding, kali ini Dinas Perhubungan menggelar cerdas cermat antar pelajar SMA/SMK sederajat di Aula Gedung B Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Kamis (13/9/2018).

Dalam kegiatan perdana itu, ada 16 sekolah dengan 160 siswa yang mengikuti cerdas cermat dengan tema 'Tertib Lalu Lintas'. Lomba cerdas cermati dibagi per regu yang berjumlah tiga orang.

Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Endang mengatakan, tujuan diadakannya lomba cerdas cermat antar pelajar ini adalah sebagai salah satu cara dari pihaknya untuk mengedukasi akan pentingnya tertib lalu lintas.

"Selain kami memberikan edukasi kepada pelajar, ini juga sebagai rangkaian kegiatan Hari Perhubungan Internasional," kata Endang saat ditemui disela-sela acara.

Dikatakan Endang, pihaknya sengaja menggandeng pelajar untuk selalu diikutsertakan dalam kegiatan soal lalu lintas. Pasalnya, siswa bisa menjadi kepanjangan tangan untuk menyebarluaskan informasi tentang keselamatan lalu lintas.

Selain itu, lanjut Endang, acara seperti ini sangat penting untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Apalagi, dari jumlah kecelakaan lalu lintas yang didominasi oleh sepeda motor, banyak juga yang menimpa pelajar.

Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Perhubungan Kota Cimahi selama tahun 2017, jumlah pelanggaran lalu lintas mencapai 8.000 kasus. Angka kecelakaan lalu lintasnya mencapai 450 kasus, dengan 55 orang di antaranya meninggal dunia.

"Pelajar ini harapan menginformasikan secara luas tentang budaya tertbi lalu lintas," imbuh Endang.

Lanjut Endang, setelah cerdas cermat tingkat Kota Cimahi ini, rencananya pemenang akan diikusertakan dalam kegiatan cerdas cermat pelopor keselamatan lalu lintas tingkat Jawa Barat.

Baca Lainnya