Jumat, 6 April 2018 14:04

Cimahi Siap Gelar USBN SMP

Reporter : Fery Bangkit 
Illustrasi
Illustrasi [Limawaktu]

Limawaktu.id - Sebanyak 7.486 siswa kelas III, dari 38 Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Cimahi akan mengikuti pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Pelaksanaan USBN digelar mulai Senin (9/4/2018) hingga Senin (16/4/2018). Ada 12 mata pelajaran yang akan diujikan.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Nana Suyatna mengatakan, soal USBN akan didistribusikan ke sekolah-sekolah besok (7/4/2018).

"Kita sudah siap. Untuk soal besok mulai disitribusikan kepada sekolah," kata Nana, yang didampingi Kepala Seksi Kurikulum Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Tohari Diana di kantornya, Jalan Rd. Demang Hardjakusumah, Jum'at (6/4/2018).

Dikatakannya, seluruh soal USBN disusun oleh guru setiap mata pelajaran melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Kemudian dicetak oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Cimahi.

"Untuk pengawasannya pun oleh guru sekolah masing-masing, pemeriksaan oleh gurunya," jelas Nana.

Hasil USBN sendiri merupakan salah satu nilai yang akan dimasukan dalam nilai akhir kelulusan. Pasalnya, nilai kelulusan siswa akan diakumulasikan selama dari nilai tiga tahun sekolah.

"Lulusan bukan USBN saja, nila 3 (tiga) tahun diakumulasikan," tandas Nana.

Ratih Ramadhani (14), siswi kelas III SMP Negeri II Kota Cimahi mengaku, untuk USBN ini, ia sudah melakukan persiapan sejak beberapa hari lalu.

"Udah baca-baca pelajaran. InsyaAlloh siap," tuturnya.

 

Baca Lainnya