Kamis, 11 Oktober 2018 17:47

Cegah Praktik Pungli, Unjani Siapkan Pendaftaran Mahasiswa Baru via CBT

Reporter : Fery Bangkit 
Mahasiswa magister, profesi, sarjana dan ahli madya menggelar wisuda di Gedung Sasana Krida Unjani Cimahi, Jalan Terusan Sudirman, Kota Cimahi, Kamis (11/10/2018).
Mahasiswa Magister, Profesi, Sarjana Dan Ahli Madya Menggelar Wisuda Di Gedung Sasana Krida Unjani Cimahi, Jalan Terusan Sudirman, Kota Cimahi, Kamis (11/10/2018). [istimewa]

Limawaktu.id, Cimahi - Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Cimahi baka menerapkan mekanisme ujia berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT) dalam penerimaan mahasiswa baru.

Hal tersebut diungkapkan Rektor Unjani, Witjaksono dalam sambutan pelaksanaan wisuda periode Oktober 2018 di Gedung Sasana Krida Unjani Cimahi, Jalan Terusan Sudirman, Kamis (11/10/2018).

Baca Juga : 1.820 Mahasiswa Unjani di Wisuda, Rektor Berkelakar Soal Calon Mertua

Dalam pelaksanaan wisuda tersebut, Unjani Cimahi memuluskan 1.820 wisudawan dan wisudawati dari tingkatan magister, profesi, sarjana dan ahli madya.

"Ke depan kami akan menerapkan ujian berbasis komputer. Khususnya di beberapa program studi favorit agar kami betul-betul dapan melakukan penyaringan mahasiswa bukan sekedar penjaringan calon mahasiswa," ujarnya.

Dikatakannya, rencana penggunaan CBT juga sebagai langkah untuk mengantisipasi lonjakan mahasiswa yang mungkin terjadi dalam penerimaan mahasiswa baru.

Sebagai gambaran, tahun 2018 ini, Unjani menerima sebanyak 14.272 pendaftar untuk pilihan satu dan dua dari target 3.640 mahasiswa baru. Sedangkan yang diterima itu sebanyak 3.680 mahasiswa.

"Atau mencapai 101,1 persen melebihi target yang sudah dicanangkan," tutur Witjaksono.

Dengan mekanisme pendaftaran CBT, lanjutnya, juga akan lebih menjami ujian yang bebas dari praktik kecurangan semacam pungutan liar (pungli).

Baca Lainnya