Rabu, 20 September 2017 16:16

Begini Cara MAN 1 Kota Cimahi Sambut Tahun Baru Islam

Reporter : Fery Bangkit 
Para siswa MAN 1 Cimahi menampilkan berbagai macam kesenian merayakan Tahun baru Islam 1 Muharam 1439
Para siswa MAN 1 Cimahi menampilkan berbagai macam kesenian merayakan Tahun baru Islam 1 Muharam 1439 [limawaktu dok]

Limawaktu.id, - Berbagai penampilan menarik disuguhkan para siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Kota Cimahi, dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1439 Hijriah.

Dalam kegiatan Gebyar Muharam yang digelar di Halaman Alun-alun Cimahi pada Rabu (20/9/2017), para siswa menampilkan berbagai macam kesenian seperti kabaret, hadroh, nasyid, paduan suara, vokal grup, musikalisasi puisi dan drama musikal. Tahun baru Islam 1 Muharam 1439 Hijriah sendiri jatuh pada Kamis, 22 September 2017.

Kegiatan yang di awali dengan shalat duha berjamaah di Masjid Agung ini diikuti seluruh siswa dan guru MAN Kota Cimahi.

Eulis Nurhasanah, Kepala Sekolah MAN Kota Cimahi mengatakan, pihaknya sengaja memindahkan kegiatan belajar mengjar siswanya ke Alun-alun Cimahi untuk memperingati pergantian tahun Islam.

"Pertama untuk memakmurkan masjid, karena ini kan kegiatannya Islami," ujar Eulis, saat ditemui disela kegiatan Gebyar Muharam, di Alun-alun Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Rabu (20/9/2017).

Dikatakan Eulis, kegiatan Gebyar Muharam ini juga sebagai sosialisasi kepada masyarakat bahwa Islam juga punya perhitungan tahun sendiri yang diperingati setiap 1 Muharam.

"Selama ini kita ramai merayakan tahun baru tanggal 1 Januari, padahal kita punya tahun baru sendiri yang bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi diri dalam kehidupan," katanya.

"Tadi juga ada tabligh akbar, acaranya seharian dimulai dari pukul 06.30 sampai dengan 17.00 WIB. Nanti akan ada acara tambahan dari Masjid Agung dari pukul 17.00 sampai 20.00 WIB," tandasnya. (kit)