Senin, 2 April 2018 15:18

Antisipasi Kecurangan UNBK, Sekolah Amankan Handphone Siswa

Reporter : Fery Bangkit 
Panitia UNBK SMK Negeri II Kota Cimahi Mengamankan Handphone siswa.
Panitia UNBK SMK Negeri II Kota Cimahi Mengamankan Handphone siswa. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Beredarnya kunci jawaban merupakan hal yang kerap ditemukan dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Untuk itu, pihak sekolah memiliki peran untuk mengantisipasi segala bentuk Kecurangan yang merusak intergritas Siswa.

Salah usaha preventif yang dilakukan SMK Negeri II Kota Cimahi, Jalan Kamarung. Sekolah yang kini dikelola Pemerintah Provinsi Jawa Barat itu melarang peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018 membawa Handphone (HP) ke dalam ruangan ujian.

Berdasarkan pantauan pada hari Senin (2/4/2018), HP para peserta UNBK mulai diumpulkan sebelum pelaksanaan berlangsung. HP diamankan oleh panitia UNBK.

Wakasek Kurikulum SMK Negeri II Kota Cimahi, Tuti Murdayani mengatakan, larangan siswa membawa HP ke dalam area ujian sudah tercantum jelas dalam tata tertib ujian.

"Ponsel (HP) begitu masuk langsung dikumpulkan. Di tata tertib kan gak boleh bawa HP," tegasnya saat ditemui di SMK Negeri II Kota Cimahi, Jalan Kamarung, Senin (2/4/2018).

Seperti diketahui, pada pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Standar (USBN) SMA/SMK di Bandung Raya, sempat beredar bocoran soal dan kunci jawaban yang viral lewat media sosial whatsapp.

Belajar dari kejadian tersebut, Tuti meminta seluruh peserta UNBK di SMK Negeri II Cimahi, dan pada umunya di seluruh Kota Cimahi agar tidak terlalu percaya dan terbuai pada bocoran-bocoran soal maupun jawaban seperti itu.

"Kita sudah koordinasi dengan pengawas, dengan teknisi bahkan dengan siswa, bahwa jika ada soal bocor masuk lewat wa atau lainnya untuk diabaikan. Jangan sampai anak terfokus ke soal itu," tegasnya.

Terlebih lagi, kata dia, soal pada UNBK ini semuanya sudah terintegrasi dalam komputer dan penomoran soal antarsiswa pun tidak akan sama.

Tercatat, jumlah siswa SMK se-Kota Cimahi yang menjadi peserta UNBK 2018 mencapai 6.416. Khusus siswa SMK Negeri II Cimahi berjumlah  412 peserta, yang terdiri dari 69 siswa jurusan Multimedia, 66 siswa jurusan RPL, 131 siswa jurusan Mekatronika, 62 siswa jurusan Animasi dan 84 siswa jurusan Kimia-Industri.

Baca Lainnya