Rabu, 21 Maret 2018 16:56

Polemik TKA China yang Larang Warga Mandalasari Lewat Proyek KCIC

Reporter : Fery Bangkit 
Warga yang akan pulang dilarang TKA yang berjaga.
Warga yang akan pulang dilarang TKA yang berjaga. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Kunjungan Menteri BUMN Rini Soemarno ke lokasi TOD Kereta Cepat Jakarta-Bandung ke Perkebunan Teh Panglejar Desa Mandalasari Kecamatan Cikalong Wetan Kabupaten Bandung Barat pada Rabu (21/3/2018) menuai beragam protes dari warga.

Puluhan warga yang menetap di Kampung Cikuda RW 13 Desa Mandalasari dilarang melintas sekitar lokasi proyek oleh Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China.

Gesekan warga pribumi dengan TKA di PT KCIC ini kerap kali terjadi sejak banyaknya TKA China ke proyek kereta cepat ditengah perkebunan teh walini ini.

Jajang (52) warga kampung Cikuda RT.02/13 Desa Mandalasari mengaku gesekan warga dengan TKA China kerap terjadi. Sebagian warga ada juga yang dipekerjakan sebagai pekerja kasar membangun mes TKA.

"Kalau kerja disana gak nyaman, upah kalau gak dipaksa gak ngasih," ujarnya, Rabu (21/3/2018).

Tepat hari ini, saat Menteri Rini Soemarno datang, warga yang akan pulang dilarang TKA yang berjaga. Dengan sedikit kesal mereka terpaksa menunggu hingga menteri selesai berkunjung.

"Sering ada gesekan dengan warga juga, mulai dari upah telat dibayar, sistem pembayaran yang selalu harian sampai kadang warga juga gak boleh lewat, padahal kami mau pulang," katanya.