Senin, 17 Mei 2021 18:03

PNS Cimahi Kumpulkan Biji Buah-buahan untuk Konservasi

Reporter : Bubun Munawar
Taman Alun-alun Kota Cimahi merupakan  salah satu dari 11,5 persen Ruang Terbuka Hijau  yang ada.
Taman Alun-alun Kota Cimahi merupakan salah satu dari 11,5 persen Ruang Terbuka Hijau yang ada. [limawaktu.id]

Limawaktu.id,- Keberadaan Ruang Terbuka Hijau yang masih terbatas, membuat Pemkot Cimahi mencari solusi dengan Gerakan Gema Bugar Konser atau gemar mengkonsumsi buah segar untuk konservasi. Dalam Gerakan tersebut, semua pegawai Pemkot Cimahi termasuk para PNS di intruksikan untuk mengkonsumsi buah-buahan.

“Bukan hanya dikonsumsi, sisa biji-biji buah segar tersebut kemudian dikumpulkan di Pemkot Cimahi,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi Lilik Sttyaningsih, Senin (17/5/2021).

Dia menyebutkan, RTH di Kota Cimahi masih jauh dibawah 30 persen sesuai aturan yaitu baru  sekitar 11,15 persen dari total luas wilayah yang hanya sekitar 40 kilometer persegi lebih. Berangkat dari kondisi tersebut, Pemkot Cimahi melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi membuat gerakan "Gema Bugar Konser".

"Kegiatannya sudah dilaksanakan akhir bulan puasa, para pegawai sudah mengumpulkan biji-biji buah-buahan segar," sebutnya.

Menurutnya, para pegawai khususnya PNS diintruksikan mengumpulkan biji-biji buah segar hasil konsumsi seperti alpukat, sawo, mangga hingga nangka dan kain-lain yang dikumpulkan di dalam tong sampah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masing-masing.

“Hasilnya, terkumpul 752 biji buah-buahan dari berbagai SKPD,”

Lilik mengakui jumlah biji-biji buah yang terkumpul itu masih jauh dari yang diharapkan, sehingga rencananya pihaknya bakal kembali mengintruksikan hal serupa ke depannya.

"Kemungkinan kita akan lakukan hal serupa supaya biji buah-buahan yang terkumpul semakin banyak," ujar Lilik.

Dikatakannya, biji-biji buah segar yang terkumpul itu kemudian dipilah oleh petugas DLH Kota Cimahi, yang kemudian akan disemaikan di Posko Bibit. "Targetnya November atau Desember sudah mulai ditanam dari biji yang terkumpul, hingga siap ditanam," ujarnya.

Lilik berharap, dengan gerakan ini konsumsi masyarakat terhadap buah-buahan segar semakin meningkat. Kemudian biji-biji buah tersebut akan menjadi tanaman yang produktif, yang nantinya akan berdampak terhadap penambahan RTH di Kota Cimahi.

Baca Lainnya

Topik Populer