Jumat, 2 Juli 2021 12:40

Oknum Nakal Diduga Naikkan Harga Obat Ivermectin 1000 Persen

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
Ivermectin, obat yang populer di masyarakat untuk menangani penyakit parasit.
Ivermectin, obat yang populer di masyarakat untuk menangani penyakit parasit. [google]

Limawaktu.id – Harga “ivermectin”, salah satu obat yang banyak dicari masyarakat Indonesia untuk mengobati virus COVID-19, telah melonjak hebat di pasar online.

Menurut keterangan yang diperoleh Limawaktu.id dari surat terbuka DPP Commando Baros Ranger pada Jumat (2/7/2021), kenaikan harga Ivermectin mencapai lebih dari 1000 persen.

Harga obat yang awalnya hanya berkisar Rp 30.000/papan melonjak menjadi Rp 350.000 hingga Rp 500.000/papan, demikian pula dengan obat lainnya yang sejenis.

“Hal ini sangat melampaui batas kesabaran kami sebagai rakyat, mengingat obat tersebut sangat dibutuhkan masyarakat banyak pada situasi pandemik COVID-19 saat ini,” tegas Deddy Supriadi, Ketua Umum Commando Baros Ranger dalam surat tersebut.

Dirinya juga menegaskan, fenomena tersebut bukan lagi merupakan hukum pasar permintaan dan penawaran, melainkan sudah termasuk perampokan terang-terangan.

Pihaknya meminta pemerintah segera mengambil tindakan serius berupa pencabutan izin usaha, dan bila perlu dengan sanksi pidana bagi pihak yang terlibat.

“Kami berharap bapak-bapak yang terhormat dengan wewenang dan kekuasaan tergenggam mampu mengatasi hal ini lewat tindakan nyata, juga sebagai momentum untuk mengikis habis mafia alat kesehatan dan kartel obat-obatan di Indonesia,” pungkas Deddy dalam surat terbuka yang ditujukan pada Presiden Joko Widodo itu.

Baca Lainnya