Rabu, 25 Oktober 2017 21:50

Warga Khawatir Wilayah Selatan Cimahi Rawan Aksi Kejahatan

Reporter : Fery Bangkit 
Illustrasi Kejahatan Jambret
Illustrasi Kejahatan Jambret [Net]

Limawaktu.id – Munculnya tindakan Kejahatan di wilayah Cimahi Selatan beberapa waktu lalu , membuat sejumlah warga dilanda resah dan khawatir.

Kasus terbaru, Jum'at (20/10) di jalan Rancabentang wilayah Cimahi Selatan, terjadi tindakan penjambretan yang dilakukan oleh empat orang pemuda. Mereka mengambil secara paksa sebuah handphone.

Menurut salah seorang warga, Heru (26), wilayah Cimahi Selatan penerangan jalannya kurang. Sehingga, Rawan tindak kriminalitas. Dengan begitu dirinya pun khawatir jika pulang larut malam.

"Was-was juga kalau pas kebetulan pulang kerjanya malam," ujarnya, Rabu (25/10/2017)

Warga Leuwigajah, Lucky Hermawan (26), mengaku kesal dengan adanya tindak kejahatan jalanan yang meresahkan warga. Ia pun menginginkan pengawasan dari keamanan setempat maupun pihak kepolisian lebih meningkatkan pengawasan di wilayah Cimahi Selatan.

"Cimahi Selatan kan deket ke tol dan perbatasan Kabupaten Bandung Barat. Sehingga para pelaku tindak kejahatan jalanan bisa kabur dengan cepat," katanya.

Untuk pengawasan potensi tindak kriminal di wilayahnya, kata dia, warga selalu melaksanakan ronda untuk menekan aksi kejahatan jalanan, seperti penjambretan dan lainnya.

"Kami rutin ronda tiap malam, tapi tetap perlu bantuan dari pihak kepolisian," ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kapolsek Cimahi Selatan, Kompol Rukun Iman, mengatakan, kejahatan jalan bisa terjadi kapan saja. Oleh karena itu, pihaknya telah menugaskan anggotanya untuk terus melaksanakan patroli rutin.

"Itu kita lakukan untuk menekan tindak kriminal jalanan. Dan hasilnya kemarin sudah kita tanggkap empat pemuda yang melakukan penjambretan," kata Rukun Iman.

Kendati demikian, ia menyatakan, di wilayah Cimahi Selatan sejauh ini masih dinilai aman. Karena warga di wilayahnya ini termasuk daerah padat penduduk.

"Sejauh ini saya rasa masih aman," ujarnya.

Dia mengimbau, kepada masyarakat harus lebih berhati-hati ketika bepergian maupun pulang ke rumah. Hindari jalan yang gelap serta waspada potensi kejahatan yang bisa mengancam keselamatan.

"Untuk menciptakan kondusifitas di wilayah, tentunya sinergitas antara aparat dan masyarakat harus tetap terjalin dengan baik. Sehingga mampu mewujudkan situasi yang kondusif," pungkasnya. (kit)

Baca Lainnya